Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Tangani KLB, Bio Farma Tunda Ekspor Vaksin Difteri

Kompas.com - 14/01/2018, 12:05 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Gerakan anti vaksin masih merebak di Indonesia. Tak terkecuali pada kejadian luar biasa (KLB) difteri di penghujung 2017.

Beberapa alasan terkait penolakan vaksin muncul. Mulai dari efek samping vaksin yang membuat suhu badan naik, isu autisme, sampai kandungannya yang diduga berasal dari bahan haram.

Vaksin difteri yang ada di Indonesia diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero). Distribusi vaksin perusahaan plat merah ini telah tersebar di berbagai belahan dunia.

Direktur Utama PT Bio Farma (Pesero), Juliman, berkata bahwa Bio Farma telah mengekspor vaksin difteri ke 136 negara. Dari jumlah itu, 50 di antaranya merupakan negara berpenduduk mayoritas Islam.

"Jadi, di luar negeri tidak bermasalah dengan vaksin kita. Tetangga kita juga belinya (vaksin difteri) dari Bio Farma," kata Juliman dalam diskusi di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca juga: Wabah Difteri di Indonesia, Antara Vaksinasi dan Antibiotik

Kualitas Bio Farma sebagai produsen vaksin telah mendapatkan pengakuan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pencapaian ini tidaklah mudah. Sebab dari 200 perusahan vaksin di dunia, hanya 30 perusahaan vaksin yang diakui WHO.

Juliman berkata sebelumnya Bio Farma dapat memproduksi 15 juta vial vaksin dalam lima hari kerja.

Setelah pemerintah mengumumkan untuk memberikan imunisasi ulang atau ORI (Outbreak Response Imunization), jam kerja ditambah menjadi tujuh hari dengan total produksi hingga 20 juta vial.

Dengan adanya KLB, Bio Farma menunda sementara ekspor vaksin difteri, baik kepada UNICEF dan beberapa negara lain. Prioritas utama untuk di dalam negeri terlebih dahulu.

UNICEF membeli vaksin untuk diberikan lagi kepada negara yang membutuhkan. Selain itu, lewat perdagangan bilateral, Bio Farma menjual langsung vaksin ke kementerian kesehatan negara lain dan sektor swasta.

"Kami harus minta maaf kepada UNICEF dan mitra di luar negeri untuk sementara menunda dulu suplai kepada mereka. Mereka bisa memahami," tutur Juliman.

Baca juga : Ini Kata Kemenkes tentang Dokter Bimanesh dan RS Medika Permata Hijau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com