Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Sarankan Tunggu Semenit untuk Potong Tali Pusar Bayi Prematur

Kompas.com - 01/11/2017, 21:05 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Untuk kali pertama, sebuah penelitian baru dari Australia mampu membuktikan bahwa sembilan persen bayi prematur yang tali pusarnya dipotong setelah lahir memiliki potensi meninggal.

Oleh karena itu, para peneliti pun menyarankan untuk memotong tali pusar setelah satu menit, terutama pada bayi preamtur.

Dari rata-rata angka kelahiran prematur yang mencapai 15 juta bayi setiap tahun, para peneliti memperkirakan bahwa cara tersebut dapat menyelamatkan lebih dari 100 ribu bayi prematur.

Anjuran ini sangat didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyarankan bahwa waktu standar untuk memotong tali pusar setidaknya satu menit setelah kelahiran.

BACA: Di Hari Begini, Haruskah Bayi yang Baru Lahir Dibedung?

Kita tidak bisa menutup mata bahwa setiap tahunnya, ada lebih dari satu juta bayi yang meninggal akibat komplikasi karena kelahiran dini. Kelahiran prematur bahkan disebut sebagai penyebab utama kematian bagi bayi di seluruh dunia.

Selain meninggal, bayi yang lahir prematur juga memiliki kecenderungan tumbuh dengan risiko gangguan perkembangan pada otak, paru-paru, penglihatan, masalah gigi, pendengaraan, dan sistem kekebalan tubuh.

Dr Haywood Brown, spesialis kesehatan ibu anak dari Universitas Duke sekaligus presiden American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) mengatakan bahwa pemotongan tali pusar yang ditunda akan memberi manfaat bagi bayi.

"Namun, manfaat paling besar dirasakan oleh bayi prematur," kata Brown seperti dikutip dari Daily Mail Online, Rabu (1/11/2017).

Dia menjelaskan, bayi prematur lahir dengan lebih sedikit darah daripada bayi yang lahir normal atau cukup umur. Mereka juga tidak bisa memproduksi secepat tubuh memecah sel darah merah sehingga sering mengalami anemia.

BACA: Bayi yang Lahir dari Ibu Berusia Matang Lebih Sejahtera

"Semakin dini bayi lahir, maka perkembangannya akan kurang dan sulit untuk memproduksi sel darah merah itu," kata Brown.

Oleh sebab itu, banyak bayi prematur yang memerlukan transfusi darah, dan darah yang tertinggal di plasenta disebut dapat membantu mencukupi kekurangan darah tersebut.

Sel darah merah dipindahkan dari ibu ke bayi melalui tali pusar saat bayi berkembang. Menurut beberapa laporan, penundaan pemotongan tali pusar dapat meningkatkan volume darah bayi hinga sepertiga, jumlah yang cukup drastis dan berpotensi mengurangi kebutuhan transfusi darah pada bayi.

Darah yang didapat bayi dari ibunya juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk perkembangan otak, serta imunoglobin. "(Imunoglobin) merupakan antibodi yang diberikan dari ibu kepada bayi untuk mencegah risiko infeksi dan hal-hal lainnya," kata Dr Brown.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com