Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Virus Corona Unik, Bisa Dikendalikan Agar Tidak Menyebar

Kompas.com - 03/03/2020, 17:29 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – World Health Organization (WHO) mendesak negara-negara yang terdeteksi Covid-19 untuk melakukan pengendalian virus agar tidak cepat menyebar.

Meski mayoritas dari total 89.000 kasus Covid-19 ditemukan di China, WHO menyebutkan bahwa per Senin (2/3/2020) jumlah kasus Covid-19 di Negeri Tirai Bambu tersebut menurun.

Meski, jumlah kasus Covid-19 di beberapa negara lain meningkat.

Baca juga: Sejauh Mana Perkembangan Obat dan Vaksin Covid-19? Ini Detailnya

Di luar China, Korea Selatan adalah salah satu negara yang paling terdampak infeksi. WHO melaporkan setengah dari total 8.700 kasus yang ditemukan di luar China berasal dari Korea Selatan.

WHO juga menetapkan Italia, Iran, dan Jepang sebagai negara-negara yang berpotensi terdampak Covid-19 secara masif.

Virus yang unik

Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan bahwa SARS-CoV-2 adalah virus dengan karakteristik yang unik. Ia mengatakan bahwa virus ini bukanlah influenza, karena merupakan patogen pernapasan yang ditransmisikan antarmanusia.

Pada waktu yang bersamaan, ia mengatakan virus SARS-CoV-2 bisa ditahan dengan pengukuran yang tepat.

Baca juga: Kasus Covid-19 di China Menurun, Ini Pelajaran bagi Indonesia dan Dunia

“Jika ini merupakan epidemi influenza, mungkin kita akan melihat transmisi antarmanusia yang sangat luas dan mendunia saat ini. Dan kita tidak punya kemampuan untuk mengendalikan (penyebaran virus) tersebut. Tapi pengendalian Covid-19 bisa terlihat, dan ini menjadi prioritas utama untuk semua negara,” paparnya seperti dikutip dari VOA, Selasa (3/3/2020).

Pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 melakukan tes tekanan darah saat menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru.AFP/STR/CHINA OUT Pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 melakukan tes tekanan darah saat menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru.

Pengendalian adalah kunci

Direktur Eksekutif WHO Health Emergency Program, Michael Ryan, mengatakan pengendalian virus tidak akan menghilangkan virus tersebut.

Namun, pengendalian akan berguna untuk pemerintah mempersiapkan strategi di wilayah-wilayah perbatasan.

“Jika kita beruntung dan melakukan pekerjaan (mengendalikan virus) dengan baik, kita punya kesempatan untuk menghentikan transmisi atau penularan,” tutur Ryan.

Baca juga: 11 Mitos tentang Virus Corona yang Tak Usah Dipercaya Lagi

Minimal, pengendalian ini akan menurunkan jumlah penyebaran virus secara signifikan.

“Juga memberikan waktu bagi fasilitas kesehatan untuk bersiap, penyediaan PPE (Personal Protective Equipment), persiapan laboratorium, dan training untuk ahli kesehatan,” tambah Ryan.

WHO mengatakan aksi pertama yang harus dilakukan negara-negara terdampak Covid-19 adalah mengidentifikasi pasien yang terkena virus.

Baca juga: Tanggapan WHO hingga Terawan soal Kasus Corona di Indonesia

Kemudian, menemukan kasus infeksi serta merunut orang-orang yang berkontak atau berada di sekitar pasien tersebut. Dilanjutkan dengan masa inkubasi dan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com