Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2020, 18:25 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Hujan lebat dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi di Indonesia hingga Sabtu (29/2/2020).

Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat siaran pers yang diterima media hari ini (27/2/2020).

BMKG mengeluarkan prediksi ini karena melihat adanya siklon tropis Ferdinand (972 hPa) dengan kecepatan angin maksimum 70 kt di Samudera Hindia sebelah Selatan Bali yang diprediksi melemah dan bergerak ke arah Barat-Barat Daya.

Sementara itu, terdapat daerah tekanan rendah di Australia bagian utara dan sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua. Kedua hal ini ini menyebabkan konvergensi memanjang dari Perairan selatan Jawa Tengah hingga Perairan selatan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Ada Peringatan Waspada Banjir dari BMKG?

Lalu, daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah dan Maluku Utara.

Ada juga Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau lebih dari 25 knot di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur dan di Australia bagian utara.

Akibatnya, hujan lebat berpotensi terjadi sebagai berikut:

Hari ini (27/7/2020): Lampung Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat.

Baca juga: Jakarta Banjir, BMKG Sebut Curah Hujan Tertinggi di Kemayoran

Besok (28/2/2020): Sumatera Barat, Lampung, Banten, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Lusa (29/2/2020): Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Hujan lebat disertai angin kencang juga berpotensi terjadi sebagai berikut:

Hari ini (27/7/2020): Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Papua.

Baca juga: Banjir Jakarta, Ahli LIPI Jelaskan Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir

Besok (28/2/2020): Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah, NTB, NTT, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Lusa (29/2/2020): Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, NTB, Jawa Timur, Bali, Kaimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di wilayah-wilayah di atas untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Jangan lupa juga untuk mempersiapakan peralatan antisipasi hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com