Jepang Akan Kirim Perangkat ke Dua Satelit Planet Mars

Kompas.com - 23/02/2020, 18:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Mengirimkan perangkat ke satelit Planet Mars merupakan keinginan banyak badan antariksa di Bumi. Oleh karena itu beberapa tahun belakangan, tim dari Japanese Space Agency (JAXA) memprioritaskan misi ini.

Minggu ini, JAXA mengumumkan bahwa misi yang dinamakan Martian Moon eXploration (MMX) akan dilanjutkan. Perangkat orbiter, lander, atau rover rencananya akan diluncurkan pada 2024.

Tiga tahun belakangan disebutkan JAXA menjadi fase Pre-Project, yang fokus pada penelitian dan analisis termasuk simulasi pendaratan perangkat. Kini misi tersebut masuk dalam Development Phase, dengan tujuan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak.

Baca juga: NASA Abadikan Foto Debu Setan di Permukaan Mars, Apa Itu?

MMX akan mengacu pada misi eksplorasi sebelumnya dari JAXA menggunakan perangkat kecil untuk eksplorasi dan kembali ke Bumi. Misal, perangkat Itokawa yang mengeksplorasi asteroid pada 2005 dan berhasil kembali ke Bumi pada 2010.

Perangkat Hayabusa 2 mendarat di asteroid Ryugu pada 2019. Sampel asteroid tersebut rencananya akan kembali lagi ke Bumi pada tahun ini.

Instrumen yang akan dipasang pada perangkat MMX nanti akan mampu mengeksplorasi kedua satelit Mars, Phobos dan Deimos, dalam jangka waktu sekitar tiga tahun.

JAXA menilai mempelajari serta pendaratan di Phobos dan Deimos merupakan hal yang baik untuk Planet Mars itu sendiri. Phobos dan Deimos dianggap sebagai lokasi yang tepat untuk eksplorasi manusia karena aksesnya terdekat ke Mars, dibandingkan dengan mendatangi Planet Merah itu sendiri pada awal-awal misi kedatangan manusia.

“Manusia bisa mengeksplorasi permukaan dua satelit ini secara realistis,” tutur Kepala Ilmuwan NASA, Jim Green seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (23/2/2020).