Fenomena Langka, "Gunung Berapi Es" di Tepi Danau Michigan Erupsi

Kompas.com - 23/02/2020, 11:03 WIB
Langka, Gunung berapi es di Danau Michigan erupsi Langka, Gunung berapi es di Danau Michigan erupsi

KOMPAS.com - Gunung berapi es yang ada di tepi Danau Michigan erupsi pekan lalu.

Tak seperti gunung api pada umumnya, saat erupsi, gunung api es tak mengeluarkan lava api. Namun yang dimuntahkan saat erupsi adalah gumpalan air dalam jumlah besar.

Beruntung, fenomena langka ini diabadikan oleh karyawan Dinas Cuaca Nasional (NWS) setempat ketika dia sedang jalan-jalan di Pantai Oval, yan terletak di negara bagian Michigan.

"Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di danau kalau tidak pergi ke sana langsung. Hari ini ada erupsi di sana," tulis karyawan itu dalam twitnya seperti dilansir Live Science, Kamis (20/2/2020).

Baca juga: Unik dan Langka, Ada Ikan Pari Manta Berwarna Pink di Australia

Apa itu gunung api es?

Gunung api es bukanlah gunung berapi sungguhan.

Tom Niziol seorang kontributor Weather 6 Category Underground menjelaskan di Facebook, gunung api es adalah istilah untuk menggambarkan gundukan seperti kerucut yang terbentuk di tepi danau, tempat lembaran es tipis terbentuk dan air menyembur melalui lubang es.

Air mengalir di bawah lapisan es dan membentuk tekanan yang cukup untuk memuntahkan semburan air ke permukaan.

Jika udara di atas cukup dingin, air yang dimuntahkan akan langsung membeku di permukaan tanah di sekitarnya, dan membentuk semacam gundukan menyerupai gunung kecil.

"Gunung api es bisa sangat berbahaya untuk didaki karena mereka berlubang dan dibangun di atas lubang es. Jangan pernah mendakinya," kata Niziol memperingatkan.

Niziol menjelaskan, gunung api es terbentuk di sepanjang tepi Danau Erie beberapa tahun lalu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X