Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 4.9 Guncang Halmahera Utara, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 18/02/2020, 18:17 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Halmahera Utara diguncang gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4,9, siang ini, Selasa (18/2/2020), pada pukul 13.22 WIB.

Dari keterangan tertulis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki parameter yaitu magnitudo 5,0 sebelum dimutakhirkan menjadi magnitudo 4,9.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 2.16 LU dan 127.94 BT.

Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 43 kilometer arah Barat Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: BMKG: Rentetan Gempa Ambon Ungkap Keberadaan Sesar Aktif Baru

Hingga hari Selasa, 18 Februari 2020 pukul 13.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip fault," ujarnya.

Adapun dampak dari gempabumi ini, getaran dirasakan di berbagai daerah seperti Halmahera Utara dan Daruba Morotai, dengan skala intensitas III MMI.

Baca juga: Zona Aktif Gempa Masih Berlangsung Sampai Februari, Ini Evaluasi BMKG

Getaran dengan skala tersebut dapat dirasakan nyata dalam rumah, dan getaran itu juga seakan-akan ada truk yang berlalu.

Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Serta, upayakan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tuturnya.

Baca juga: 3 Hal ini Bisa Dipelajari dari Gempa Bumi Tsunami di Mentawai 2010

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com