Waspada 8 Faktor Risiko Kanker Paru Ini, dari Asbes hingga Radon

Kompas.com - 12/02/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi bahaya asap rokok. SHUTTERSTOCKIlustrasi bahaya asap rokok.


KOMPAS.com - Untuk menghindari penyakit kanker paru, Anda sebaiknya mengetahui beberapa faktor risiko yang sangat rentan sekali diidap pria dan berujung pada kematian.

Untuk diketahui, kanker paru tidak terjadi hanya karena satu faktor risiko saja. Berikut 8 faktor risiko yang dapat memicu kanker paru.

1. Perokok aktif

Menjadi seorang perokok aktif telah terbukti dari banyak penelitian medis bahwa itu memicu berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan saluran pernapasan dan kanker.

Ketua Pokja Kanker Paru Perhimpunan Dokter Pari Indonesia (PDPI), dr Elisna Syahruddin PhD SpP(K), mengatakan kanker paru tidak terjadi hanya karena satu faktor risiko saja.

Baca juga: Perlunya Gerakan Nasional Indonesia Peduli Kanker Paru, Kenapa?

"Faktor risiko jarang sekali hanya satu," kata Elisna dalam acara bertajuk Harapan dan Tantangan: Penatalaksanaan Kanker Paru di Indonesia, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Di dalam asap terkandung lebih dari 70 komponen bahan yang dapat menyebabkan kanker.

"Apapun jenis rokoknya, selama berbentuk asap risikonya sama. Entah itu kretek konvensional, apalagi vape itu asapnya lebih kental daripada konvensional," kata Elisna.

2. Perokok pasif

Satu orang perokok aktif dapat membuat risiko terkena penyakit kanker paru pada orang-orang disekitarnya juga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X