Akibat Sop Kelelawar sampai Menular Lewat Buah, 7 Hoaks Virus Corona

Kompas.com - 07/02/2020, 07:05 WIB
Masker N95 sebagai alat pelindung diri (APD) petugas media yang dijual di salah satu toko penyedia alat kesehatan di Jalan A Yani, Bontang Selatan. Harga masker tersebut meroket usai wabah virus corona muncul belakangan ini. TRIBUNKALTIM.CO/ FACHRI RMasker N95 sebagai alat pelindung diri (APD) petugas media yang dijual di salah satu toko penyedia alat kesehatan di Jalan A Yani, Bontang Selatan. Harga masker tersebut meroket usai wabah virus corona muncul belakangan ini.

KOMPAS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengungkapkan bahwa hingga saat ini, terdapat 57 hoaks tentang virus corona Wuhan yang beredar di masyarakat.

Hal ini tentu membuat bingung masyarakat dalam menyaring informasi yang benar. Namun, selain masyarakat, beredarnya hoaks seputar virus corona juga mempengaruhi para dokter.

DR. Dr. Erlina Burhan, Msc, SP. P (K) adalah salah satu yang mengeluhkan banyaknya hoaks tentang virus corona.

Dia menceritakan bahwa jumlah pasiennya bertambah dan banyak sekali pasien yang menanyakan kebenaran tentang informasi virus corona karena khawatir terinfeksi.

Baca juga: Bayi Usia 30 Jam Jadi Pasien Termuda Virus Corona

Terkait hal ini, Erlina menjelaskan tujuh hoaks tentang virus corona yang sering ia dapatkan dari pertanyaan masyarakat:

1. Virus corona menular melalui buah buahan

Erlina mengatakan, virus corona merupakan virus yang berkembang biak pada hewan dan menularkannya ke manusia. Jadi, tidak mungkin virus corona tumbuh di buah-buahan.

“Kalau tidak di hewan, dia (virus corona) tidak bisa berkembang biak. Jadi tidak mungkin bisa tumbuh di buah-buahan” ujarnya saat ditemui pada Edukasi Media "Personal& Respiratory Hygiene untuk Cegah dan Putus Rantai Infeksi Virus Corona" Jakarta (6/2/2020).

2. Virus corona menular melalui pandangan mata

Menurut Erlina, virus corona tidak dapat menular melalui pandangan mata.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X