Kompas.com - 05/02/2020, 18:32 WIB


KOMPAS.com - Mungkin pemeriksaan kesehatan untuk deteksi penyakit kronis menggunakan MRI atau CT Scan. Namun, belakangan PET Scan mulai dikenal sebagai teknologi canggih di dunia kedokteran.

Lalu apa itu PET Scan?

PET Scan (positron emission tomography) ini adalah tes pencitraan yang memungkinkan dokter memeriksa penyakit yang ada pada organ maupun jaringan tubuh Anda.

Pemeriksaan ini menggunakan sinar radioaktif, dengan menyuntikkan cairan khusus yang mengandung zat radioaktif ke dalam tubuh.

Baca juga: 7 Pemeriksaan Kesehatan yang Dapat Perpanjang Usia Pria

Melansir Healthline, Rabu (5/2/2020), ketika terdeteksi oleh alat ini, maka pelacak yang ditanam tersebut akan membantu dokter melihat apakah organ dan jaringan tubuh bekerja dengan baik.

Alat pemindai ini akan melihat aktivitas pada area di organ atau jaringan tertentu yang menunjukkan adanya aktivitas kimia yang tinggi.

Jika ditemukan aktivitas kimia yang lebih tinggi, maka area penyakit tersebut akan muncul sebagai titik terang pada PET scan.

PET Scan dapat mengukur aliran darah, penggunaan oksigen, dan bagaimana tubuh mengolah gula, serta berbagai aktivitas lainnya.

Baca juga: Hasil PET Scan Kurang Baik, Keluarga Memintakan Maaf untuk Julia Perez

Seberapa penting PET scan dilakukan?

PET scan biasanya merupakan prosedur pemeriksaan rawat jalan. Artinya, Anda dapat menjalani aktivitas seperti biasa, setelah melakukan tes ini.

Bahkan, di Inggris sekitar 2 juta prosedur PET scan dilakukan setiap tahunnya.

Dokter mungkin akan meminta pemeriksaan kesehatan menggunakan PET scan untuk memeriksa aliran darah, asupan oksigen atau metabolisme organ dan jaringan.

Halaman:
Sumber Healthline


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.