Ekspedisi Menangkap Gambar Benda Luar Angkasa, Astronom Gunakan ini

Kompas.com - 04/02/2020, 09:02 WIB
Foto penampakan Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto yang diambil astronot NASA bernama Jessica Meir itu dikecam oleh penganut teori Bumi datar. TWITTER/Jessica Meir via The SunFoto penampakan Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto yang diambil astronot NASA bernama Jessica Meir itu dikecam oleh penganut teori Bumi datar.

KOMPAS.com - Memotret planet asing di luar Bumi sangat sulit. Para astronom mencoba mengawalinya dengan meluncurkan kamera balon yang akan terbang di atmosfer Bumi.

Melansir Space, Senin (3/2/2020), adalah Christopher Mendillo, seorang astronom di University of Massachussets Lowel dan timnya telah menangani proyek Picture-C, yang melakukan uji terbang pertama pada September 2019 lalu.

Penerbangan tersebut tidak akan pernah menangkap gambar sebuah ekspolanet. Akan tetapi, setidaknya itu dapat membuka jalan di masa depan untuk bisa melakukannya.

Mendillo mengungkapkan keberhasilan dan tantangan uji penerbangan pada awal bulan ini, di pertemuan 235th Americam Astronomical Society di Honolulu.