Bisakah Virus Corona Pada Anjing atau Kucing Menular ke Manusia?

Kompas.com - 04/02/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

KOMPAS.com - Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa terkena virus corona. Namun, mereka tidak akan menularkannya ke manusia.

Riset menunjukkan, banyak hewan rentan terhadap virus corona.

Burung memiliki avian coronavirus. Babi memiliki porcine coronavirus. Sapi punya bovine coronavirus. Sedangkan kuda mendapatkan equine coronavirus.

Bagaimana dengan anjing dan kucing?

Baca juga: Pemulangan WNI dari China, Begini Tatalaksana Antisipasi Virus Corona

Anjing dapat terinfeksi canine coronavirus. Penyakit ini menyebabkan diare, muntah, dan gangguan usus pada anjing. Virus ini menyebar melalui feses, terutama saat anak anjing makan tinja.

Anjing juga dapat terinfeksi virus corona yang menyerang pernapasan, sehingga membuatnya batuk, bersin, dan mengeluarkan lendir.

Tak seperti anjing, virus corona pada kucing biasanya membuat mereka flu atau kurang sehat saja.

Namun, pada 5 sampai 10 persen kucing yang terinfeksi, virus dapat bermutasi dan menyebabkan Peritonitis Feline Infections, penyakit yang hampir selalu berakibat fatal. Penyakit ini biasanya menyerang anak kucing.

Menurut Dr. Niels C. Pedersen dari US-Davis, virus corona dari berbagai hewan dapat bertukar gen. Beberapa virus corona pada kucing, misalnya, terbentuk dari virus corona babi dan anjing.

Pertukaran gen virus corona ini terjadi ketika virus menginfeksi hewan yang sama secara bersamaan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X