Temuan Baru, Virus Corona Wuhan Bisa Menular Lewat Tinja

Kompas.com - 03/02/2020, 17:26 WIB
Ilustrasi virus Corona ShutterstockIlustrasi virus Corona

KOMPAS.com - Ilmuwan China menemukan jejak virus corona Wuhan di tinja pasien yang terinfeksi. Hal ini mengindikasikan, cara penularan virus corona 2019-nCoV juga bisa lewat tinja.

Otoritas kesehatan China sebelumnya mengira, cara utama penyebaran virus corona Wuhan adalah melalui transmisi dan kontak pernapasan, termasuk menyentuh wajah setelah terpapar sesuatu yang mengandung virus.

Namun, temuan baru dari RS Shenzhen Third People, China, menunjukkan, penularan penyakit juga bisa melalui fecal-oral, yakni melalui tinja serta makanan dan minuman.

Kesimpulan ini didapat setelah ahli menemukan jejak genetik virus corona Wuhan dalam sampel tinja pasien.

Baca juga: Pemulangan WNI dari China, Begini Tatalaksana Antisipasi Virus Corona

"Kehadiran RNA (ribonukleat) dalam virus corona 2019-cNoV, yakni molekul yang membawa kode genetik pada beberapa virus, mengindikasikan virus itu mungkin hidup di feses," kata Komisi Kesehatan Shenzhen dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir South China Morning Post, Minggu (2/2/2020).

Hal serupa pun ditemukan di tempat lain, termasuk di Wuhan dan AS. Beberapa ilmuwan mengatakan, kemungkinan virus itu ditularkan melalui kotoran manusia.

Para peneliti di Laboratorium Shi Zhengli, dari Institut Virologi Wuhan menemukan, asam nukleat dalam sampel tinja dan usapan dubur dari pasien yang terinfeksi virus corona Wuhan.

Para ilmuwan menyimpulkan, virus 2019-nCoV dapat ditularkan ke tingkat tertentu melalui transmisi fecal-oral.

"Dokter terutama para ahli pencernaan, harus memperhatikan dengan cermat gejala pneumonia atipikal yang disebabkan oleh virus corona baru ini. Lakukan perlindungan pribadi terhadap muntahan dan kotoran pasien," kata para ilmuwan.

Zhang Qiwei, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dari Southern Medical University berkata, sangat mungkin kotoran manusia mengandung virus. Meski yang ditemukan hanya RNA.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X