ICT Jadi Terapi Tambahan Bagi Pasien Kanker, Seperti ini Prosesnya?

Kompas.com - 23/01/2020, 17:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Populasi penderita kanker semakin banyak yang berasal dari kalangan usia lanjut atau orang tua.

Sebab, semakin bertambah usia, maka sistem kekebalan tubuh makin berkurang, sehingga tubuh mudah terserang penyakit ini. 

Kepala Laboratorium HayandraLab, dr Komang A Wahyuningsih MBiomed (AAM) SpDLP, mengatakan untuk membantu pengobatan atau terapi penyakit kanker, sistem imun atau kekebalan tubuh perlu dijaga dengan baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, dalam upaya menjaga kekebalan tubuh, terapi sel pendukung yaitu Immune Cell Therapy (ICT) telah banyak digunakan untuk membantu pasien kanker dalam melawan penyakitnya.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas Seluler Pasien Kanker Serviks, Ini Tahap Terapinya

Apa itu ICT?

Komang menjelaskan ICT merupakan terapi dengan memanfaatkan sel-sel pertahanan tubuh pasien sendiri yaitu berupa T cells dan NK cells.

Kedua sel tersebut secara normalnya, setiap hari bergerak di tubuh untuk menghantam virus, bakteri, dan sel kanker yang ada di tubuh pasien itu sendiri.

"Kalau kita anggap sel kanker itu teroris, sel T dan NK ini (ibarat) densus 88-nya, yang fungsinya melawan sel kanker itu tadi," kata Doktor Biomedik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Karina SpBP-RE.

Baca juga: Penggunaan Obat Tradisional Bisa Hambat Terapi Kanker

Teknologi ini sudah banyak dilakukan di luar negeri, terutama di Jepang. Digunakan sebagai terapi adjuvant atau terapi tambahan, yang menyertai terapi untuk kanker seperti operasi, kemoterapi, dan radiasi.

ICT di Jepang dorong kesembuhan pasien

Diceritakan oleh Karina, pada tahun 2015 lalu, ibundanya terdiagnosisi mengidap kanker usus.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X