Komedian Rony Dozer Dikabarkan Mengidap Selulitis, Penyakit Apa Itu?

Kompas.com - 23/01/2020, 07:01 WIB
Roni Dozer saat dijumpai di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020). KOMPAS.com/Revi C Rantung Roni Dozer saat dijumpai di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

KOMPAS.com - Tak lama terdengar, komedian Rony Dozer (44) mengaku mengidap penyakit selulitis sejak 2014.

"Terjadinya itu 2014, yang tadinya kaki kanan enggak bengkak tiba-tiba bengkak terus memerah, terus meriang 39, bedrest, opname masuk RS. Menurut dokter, ini peradangan," kata Rony di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Rony mengatakan, gejala awal yang dirasakan mulai dari kaki kanan yang bengkak, kemudian meriang.

"Bahkan ada luka bakar itu yang agak parah, sama lagi kata dokter selulitis," kata Rony.

Dilansir SehatQ, selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit yang umum dan kadang menyakitkan.

Baca juga: Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan hingga Pencegahannya

Bakteri dapat menginfeksi lapisan kulit yang lebih dalam melalui kulit yang luka, misalnya karena gigitan serangga, area bekas operasi, trauma, atau luka (ulkus). Bakteri Staphylococcus dan Streptococcus dapat menyebabkan infeksi ini.

Selulitis bukanlah penyakit menular karena bakteri tersebut menginfeksi lapisan kulit yang lebih dalam.

Hanya saja, orang yang memiliki kulit eksim atau kaki atlet lebih mudah terkena selulitis. Bakteri dapat masuk ke kulit melalui celah-celah pada eksim atau kaki atlet itu.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat meningkatkan risiko selulitis.

Seperti dialami Rony Dozer, selulitis pertama kali muncul dengan area merah yang membengkak dan terasa panas. Kulit merah dan pembengkakan ini dapat menyebar dengan cepat.

Halaman:


Sumber Health Line,
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X