Kompas.com - 18/01/2020, 17:33 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Pernah merasakan masalah batuk yang tidak kunjung sembuh berhari-hari, Anda perlu mewaspadainya.

Batuk rejan atau batuk 100 hari ternyata bukan masalah kesehatan biasa.

Melansir Science Alert, Sabtu (18/1/2020), batuk ini disebabkan oleh adanya bakteri yang sangat menular, yakni bakteri Bordetella pertussis.

Awalnya, batuk ini dimulai dari pilek biasa, kemudian sakit tersebut tidak berakhir seperti pilek pada umumnya.

Batuk rejan adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang sangat menular yang menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia, bahkan menewaskan puluhan ribu orang setiap tahunnya.

Baca juga: Benarkah Es Krim Bikin Anak Batuk dan Pilek?

Untungnya, vaksin untuk melindungi diri dari bakteri Bordetella pertussis ini telah ada sejak pertengahan abad ke 20.

Bakteri batuk rejan beradaptasi pada ACV

Kendati vaksin tersebut telah ditemukan untuk mengantisipasi infeksi dari bakteri itu, namun ternyata Bordetella pertussis mampu beradaptasi dengan vaksin.

Dalam penelitian pertama di dunia, tim ilmuwan Australia telah menemukan bagaimana bakteri tersebut dapat beradaptasi dengan vaksin aselular (ACV) yang digunakan di Australia.

Vaksin itu mirip dengan ACV yang digunakan untuk batuk rejan di negara lain di seluruh dunia.