Gelombang Panas Bisa Terjadi di Dalam Laut, Dampaknya Sangat Buruk

Kompas.com - 16/01/2020, 20:03 WIB
Burung Murre yang mati di pesisir barat Amerika Utara CNNBurung Murre yang mati di pesisir barat Amerika Utara

KOMPAS.com – Sepanjang musim panas 2015 dan musim semi 2016, setidaknya satu juta burung laut mati karena kelaparan.

Burung laut tersebut berjenis common murre. Tubuh burung-burung ini ditemukan di sepanjang pesisir barat Amerika Utara, dari California sampai Alaska.

Kini, para ilmuwan akhirnya mengetahui penyebab fenomena tersebut. Hal itu berkaitan dengan meningkatnya temperatur laut di Samudera Pasifik. Para ilmuwan menyebutnya “Blob”.

Blob bisa dideskripsikan sebagai efek dari gelombang panas ( heat wave) yang terjadi di dalam laut. Blob juga pernah muncul pada 2013, kemudian pada 2015 ketika dimulainya fenomena cuaca yaitu El Nino.

Baca juga: BMKG Tegaskan Indonesia Tidak Akan Alami Gelombang Panas

Gelombang panas yang terjadi di dalam laut menghasilkan Blob, fenomena di mana suhu laut meningkat sebesar 3-6 derajat Celcius dengan jarak sekitar 1.600 Km.

Peningkatan suhu laut tersebut menghancurkan ekosistem yang ada di dalamnya. Terdapat penurunan drastis jumlah alga serta banyak hewan laut, dari udang sampai paus.

Peningkatan suhu tersebut juga menimbulkan munculnya alga beracun yang berserakan di sepanjang pesisir barat Amerika Utara. Semakin banyak hewan yang mati karena memakan alga tersebut.

Beberapa jenis hewan lain yang diprediksi mati dalam jumlah masif antara lain singa laut, tufted puffin, dan paus baleen. Namun dari segi skala dan banyaknya jumlah, tak ada yang melampaui common murres.

Sekitar 62.000 murres terdampar di pesisir lautan. Diperkirakan total ada satu juta murres mati, tutur para peneliti dari University of Washington yang mempublikasikan penelitian mereka di Plos One.

Sekitar 4.600 bangkai burung ditemukan dalam satu kilometer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X