Krisis Iklim Bikin Serangga Penyerbuk di Ekosistem Indonesia Terancam

Kompas.com - 12/01/2020, 09:59 WIB
Induk lebah serigala tengah membawa lebah madu hasil buruannya menuju sarang untuk dijadikan makanan bagi larva lebah Induk lebah serigala tengah membawa lebah madu hasil buruannya menuju sarang untuk dijadikan makanan bagi larva lebah

KOMPAS.com - Krisis iklim yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir dianggap mengancam keanekaragaman hayati sampe titik terkecil, termasuk serangga penyerbuk.

Dilansir DW  (11/12/2017) ada beberapa serangga penyerbuk yang terancam. Misalnya saja tawon besar di Amerika Utara dan Eropa yang gampang kepanasandan mati gara-gara tubuhnya yang berbulu dan relatif lebih besar ketimbang lebah serta warna gelapnya.

Kemudian ada lebah madu dan kupu-kupu yang juga menderita dalam perubahan iklim ini.

Ancaman ini menjadi kekhawatiran besar yang perlu dihadapai dan disadari bersama.

Baca juga: Perubahan Iklim Ancam Situs Buddha Bamiyan di Afghanistan, Kenapa?

Di Indonesia, dampak krisis iklim ini terlihat dari beberapa bencana alam yang terus meningkat dengan akibat yang semakin parah.

Profesor Riset Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rosichon Ubaidillah mengatakan, krisis iklim juga berdampak pada rusaknya habitat keanekaragaman hayati Indonesia.

"Berbagai penelitian menunjukkan krisis iklim berdampak pada meningkatnya fenomena pergeseran biogeografis, ketidakcocokan tanaman berbunga dan penyerbuknya, dan mungkin meningkat hingga tingkat kepunahan,” kata Rosichon.

Ia menjelaskan, dampak dari perubahan iklim telah menyentuh bumi hingga titik terkecil, seperti serangga penyerbuk yang berperan penting dalam regenerasi dan reproduksi tanaman dalam ekosistem hutan maupun sistem pertanian.

"Sekitar 80 sampai 90 persen tanaman berbunga bergantung pada penyerbukan alami oleh serangga untuk beregenerasi dan memproduksi buah atau makanan yang berguna sebagai bahan makanan untuk hewan lain,” ujarnya.

Krisis iklim telah mempengaruhi perilaku makan, kawin dan migrasi serangga penyerbuk.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X