Perubahan Iklim Ancam Situs Buddha Bamiyan di Afghanistan, Kenapa?

Kompas.com - 11/01/2020, 13:03 WIB
Pemandangan pegunungan antara Kabul dan Bamyan (Bamiyan) di Afghanistan. ShutterstockPemandangan pegunungan antara Kabul dan Bamyan (Bamiyan) di Afghanistan.


KOMPAS.com - Perubahan iklim tidak hanya memberikan dampak besar terhadap lingkungan, tetapi juga pada artefak Afghanistan.

Mengutip DW Made for Minds, Sabtu (11/1/2020), benda-benda bersejarah yang dimiliki Afghanistan tidak hanya mendapat ancaman dari ledakan dinamit kaum jihadis dan penjarahan.

Ancaman serius lain juga datang dari perubahan iklim, yang akan menjadi ancaman baru di masa yang akan datang.

Terletak di jantung pegunungan Hindu Kush, di tebing-tebing Lembah Bamiyan terdapat gua yang berisi kuil, biara dan lukisan Buddha.

Baca juga: 3 Universitas Setuju, 20.000 Situs Bersejarah Sedang Terancam

Lembah ini merupakan rumah bagi benteng-benteng di masa Jalur Sutra, Shahr-e Gholghola dan Shahr-e Zohak di timur.

Para ahli mengatakan musim kering yang diikuti hujan lebat dan salju musim semi yang lebih lebat dari biasanya, menyebabkan karya seni dan arsitektur bersejarah di lokasi tersebut berada dalam kehancuran.

Para pejabat Afghanistan melalui laporannya kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2016, telah memperingatkan kondisi ini.

Struktur arkeologi di wilayah itu mungkin akan runtuh dan menderita akibat erosi parah, sebagai akibat dari kondisi perubahan iklim.

"Proses erosi jauh lebih cepat, hujan lebih dahsyat dan angin lebih kuat telah berdampak buruk pada situs ini," ujar Direktur Delegasi Arkeologi Prancis Philippe Marquis di Afghanistan, kepada AFP.

Baca juga: Tiga Situs Bersejarah Gorontalo Diusulkan sebagai Cagar Budaya, Apa Saja?

Marquis mengatakan situs bersejarah Afghanistan ini sangat rapuh secara geologis. Terutama karena tutupan vegetasinya telah sangat berkurang akibat deforestasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X