Air di Planet Mars Tiba-tiba Lenyap, Ke Mana Perginya?

Kompas.com - 10/01/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi Planet Mars Shutterstock.comIlustrasi Planet Mars


KOMPAS.com - Ilmuwan mengumumkan molekul air pada permukaan Planet Mars secara tiba-tiba lenyap. Penelitian sebelumnya mengira proses tersebut tidak akan terjadi secepat ini.

Melansir The Independent, penemuan ini belum lama ini dipublikasikan dalam jurnal Science.

Proses menghilangnya molekul air pada permukaan Planet Mars tersebut terjadi lebih cepat dari pemahaman selama ini.

Hal itu tidak sejalan dengan pengamatan sebelumnya yang memperkirakan proses itu seharusnya dapat terjadi di masa yang akan datang.

Baca juga: Studi: Ada Sistem Aliran Air Aktif di Planet Mars

Proses hilangnya air berlangsung secara bertahap. Ketika sinar matahari dan proses kimia mengubah molekul air menjadi atom-atom hidrogen dan oksigen.

Saat proses pecahnya molekul itu, gravitasi planet merah ini tidak mampu menahan molekul air dan kemudian menghilang di ruang angkasa.

Kecepatan proses tersebut menunjukkan Planet Mars dapat kehilangan molekul airnya lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Pada penelitian sebelumnya, planet ini pernah dibanjiri air yang mengalir. Sebagian besar air telah lenyap dalam sejarah terbarunya.

Penemuan tersebut ditemukan menggunakan probe Trace Gas Orbiter.

Alat itu dikirim ke Planet mars di atas kapal misi ExoMars oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) dan mitranya dari Russia Roscosmos.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X