Studi: Ada Sistem Aliran Air Aktif di Planet Mars

Kompas.com - 29/03/2019, 18:45 WIB
Ilustrasi Mars Bercincin Celestial Development TeamIlustrasi Mars Bercincin

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru mengungkapkan kemungkinan adanya sistem air yang luas dan aktif mengalir di bawah permukaan planet Mars.

Studi baru tersebut menyatakan bahwa air tanah di planet merah mengalir jauh lebih dalam dibanding perkiraan sebelumnya. Aliran air itu mengalir tanpa terlihat di bawah permukaan.

Temuan ini bisa membantu pemahaman kita secara mendasar tentang planet merah serta menginformasikan pencarian tentang kehidupan di planet lain.

Tahun lalu, para ilmuwan yang bekerja dengan Badan Antariksa Italia menemukan keberadaan danau air di Mars, di bawah kutub selatannya.

Baca juga: Laba-laba Berbulu Tertangkap Kamera ESA Berjalan di Mars

Uniknya, studi baru menunjukkan bahwa air tanah masih bisa mengalir dalam sistem aktif, dan itu dapat menyebabkan aliran yang mengalir di permukaan di bagian-bagian planet dekat khatulistiwa.

Para peneliti menemukan air tanah mungkin ada di daerah yang jauh lebih luas. Selain itu, sistem ini bisa berjalan sedalam 750 meter.

Penemuan ini didapatkan setelah menganalisis karakteristik Mars Recurrent Slope Linea, yang seperti kering, aliran air pendek yang muncul di dinding beberapa kawah planet ini.

Sebelumnya, para peneliti mengira fitur-fitur itu adalah hasil dari air yang mengalir di permukaan atau hanya di bawahnya. Tetapi sekarang para peneliti percaya bahwa mereka benar-benar datang dari sumber bertekanan yang dalam dari mana air didorong.

"Kami mengusulkan hipotesis alternatif bahwa mereka berasal dari sumber air tanah bertekanan dalam yang datang ke permukaan bergerak ke atas di sepanjang retakan tanah," kata Essam Heggy, salah satu co-author dikutip dari The Independent, Kamis (28/03/2019).

Para peneliti sampai pada kesimpulan setelah melihat mekanisme serupa bekerja di Bumi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X