Tak Cuma Lyme Disease, Justin Bieber Juga Idap Mono Kronis, Apa Itu?

Kompas.com - 10/01/2020, 17:27 WIB
Penyanyi Justin Bieber menghadiri 2018 NBA All-Star Game Celebrity Game di Los Angeles Convention Center, Los Angeles, California, pada 16 Februari 2019. Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFPPenyanyi Justin Bieber menghadiri 2018 NBA All-Star Game Celebrity Game di Los Angeles Convention Center, Los Angeles, California, pada 16 Februari 2019.

KOMPAS.com - Penyanyi pop Justin Bieber mengumumkan bahwa dirinya tengah berjuang melawan penyakit Lyme dan mononukleosis serius.

Hal ini pertama kali diungkapkan Bieber di akun instagram pribadinya setelah banyak orang mengkritik penampilannya.

"Sementara banyak orang terus mengatakan Justin Bieber terlihat seperti sampah, dipengaruhi obat-obatan, dll. Mereka tidak menyadari bahwa saya baru-baru ini didiagnosis dengan penyakit Lyme dan masalah serius mono kronis yang memengaruhi kulit, fungsi otak, energi, dan seluruh kesehatan," tulis Bieber dalam unggahannya.

Baca juga: Justin Bieber Kena Lyme Disease, Penyakit Ini Bisa Menyerang di Mana?

Sekilas tentang penyakit Lyme

Lyme merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang biasa dibawa kutu.

Menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada sekitar 300.000 orang Amerika didiagnosis dengan penyakit Lyme.

Infeksinya dapat menyebar ke persendian, jantung, dan sistem saraf. Hal ini pada akhirnya menyebabkan nyeri persendian dan pembengkakan.

Selain Bieber, penyanyi Avril Lavigne juga pernah didiagnosis mengidap penyakit Lyme.

Mononukleosis

Sementara itu, mono yang dimaksud Bieber adalah kependekan dari mononukleosis atau demam kelenjar.

Mononukleosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) yang biasanya dialami remaja.

Penyakit mononukleosis juga sering disebut sebagai penyakit ciuman. Ini karena penyebarannya dapat melalui air liur seperti berciuman, bersin, batuk, dan berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X