Kompas.com - 03/01/2020, 17:03 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah wilayah di Jabodetabek hingga hari ini, Jumat (3/1) masih terendam banjir.

Kementerian Kesehatan lewat Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mendirikan Posko Banjir Gor Kecamatan Cengkareng Barat, Jakarta.

Layanan kesehatan di posko mencakup berbagai penyakit yang timbul karena banjir. Jika pasien harus dilakukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu dari segi psikologis, telah digerakkan tenaga kesehatan untuk membantu trauma healing bagi anak-anak.

Baca juga: Ahli Gizi Imbau Relawan Perhatikan Keamanan Pangan Pengungsi

Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) RI mengatakan Kemenkes telah menyiagakan 11 ribu tenaga kesehatan untuk seluruh wilayah terdampak banjir di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.

“Tenaga yang kita kerahkan 11 ribu lebih, jumlah pengungsi 60 ribuan, data terus kita update dan penambahan tenaga kesehatan terus kita dorong,” ujar Terawan dari keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Indonesia Hingga Besok

Terawan merasa prihatin atas bencana alam yang terjadi sehingga mengharuskan sebagian warga mengungsi.

Tenaga kesehatan yang dikerahkan berasal dari sipil dan militer. Selain tenaga kesehatan yang membantu pengungsi, bantuan yang diberikan juga berupa obat serta makanan tambahan bagi balita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.