Jabodetabek Banjir, BMKG Sebut Ini Baru Permulaan Musim Hujan

Kompas.com - 03/01/2020, 11:04 WIB
Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir. youtube.com/adaadaajachannelPerumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir.

KOMPAS.com - Meskipun banjir sudah melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, tetapi bukan berarti Indonesia sudah memasuki puncak musim hujan.

Kasubbid Analisis Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Adi Ripaldi, menegaskan bahwa puncak musim hujan belum terjadi.

Adapun puncak mucim hujan, kata Adi, dicirikan dengan periode hari hujan yang intens dan kumulatif curah hujan yang maksimum pada periode III dasarian (30 hari) atau satu bulan.

Puncak musim hujan diprediksi baru terjadi pada bulan Februari dan Maret.

Sementara itu, pada bulan Desember menjelang awal Januari ini, dari pantauan dinamika atmosfer dan laut, kondisinya baru mencirikan kondisi permulaan musim hujan.

Baca juga: Hingga 3 Hari ke Depan, Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan

"Di mana angin baratan (monsun Asia) sudah mulai stabil bertiup dari Asia Pasifik menuju Australia melewati Indonesia," kata Adi kepada kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Monsun Asia itu sendiri pada umumnya aktif berasosiasi dengan periode musim hijan di Indonesia yaitu bulan November-Mei.

Selain itu, masa udara dari laut Hindia yang mulai hangat, mulai menyumbang penguapan atau awan-awan hujan di atas Pulau Jawa, Bali dan Nusa tenggara.

"Periode musim hujan masih akan berlangsung hingga Mei 2020," ujarnya.

Masih menurut Adi, ada beberapa gangguan atau fenomena pada periode musim hujan ke depan masih mungkin terjadi seperti berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X