Musim Hujan, Waspada Flu dan Infeksi Bakteri Mematikan

Kompas.com - 02/01/2020, 19:04 WIB
Ilustrasi flu Ilustrasi flu

KOMPAS.com – Flu adalah salah satu penyakit yang cukup mewabah pada musim hujan, terutama saat banjir seperti saat ini.

Bisakah flu membuat seseorang jatuh sakit begitu parah sampai meninggal dunia?

Penyakit bernama Spanish Flu pernah membunuh 50 orang pada 1918. Namun apakah flu biasa separah itu?

Mengutip Science Alert, Kamis (2/1/2020), flu merupakan gabungan dari beberapa gejala seperti batuk, bersin, hidung yang terus-menerus mengeluarkan cairan, kelelahan, dan demam. Penyebab paling umum dari flu adalah rhinovirus, namun beberapa jenis flu disebabkan oleh adenovirus, serta virus influenza dan para influenza.

Baca juga: Waspada Penyakit Pasca-Banjir, Kenali Faktor Risiko dan Pencegahannya

Flu pada umumnya merupakan penyakit yang mudah disembuhkan. Namun, jika terdapat infeksi bakteri terhadap rhinovirus atau beberapa virus lainnya, flu bisa jadi mematikan.

Hal tersebut sangat memungkinkan karena saat banjir, ketika banyak virus dan bakteri yang mungkin hinggap. Bakteri tersebut bisa jadi memperparah flu, dan menyebabkan komplikasi sehingga kondisi tubuh akan semakin rapuh.

Faktor risiko

Studi membuktikan bahwa pasien yang telah melakukan operasi tulang belakang cenderung lebih mudah terserang infeksi pernapasan. Jika sudah mengalami infeksi pernapasan, beberapa virus seperti adenovirus dengan mudah bisa menjangkau organ pencernaan, hati, sampai saluran kemih.

Baca juga: Banjir Jakarta, Waspada 7 Penyakit Ini Menyerang Manusia

Beberapa virus seperti influenza bisa menyebabkan inflamasi pada paru. Pada kondisi yang lebih serius, virus influenza bisa menyebabkan bacterial pneumonia yaitu pneumonia yang disebabkan oleh bakteri.

Infeksi bakteri yang sebelumnya dimasuki oleh virus menjadi penyebab flu bisa menyebabkan kematian.

Risiko lebih tinggi pada beberapa orang

Penelitian menyebutkan bahwa orang dengan usia tua lebih mudah terjangkit infeksi akibat flu, dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X