Kompas.com - 02/01/2020, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Libur akhir tahun merupakan kesempatan yang ditunggu banyak orang untuk melakukan traveling ke berbagai tempat yang diinginan.

Namun, dalam melakukan traveling tidak jarang ternyata banyak orang juga yang mengalami susah BAB.

Sebagai contoh, kalau rata-rata normalnya jadwal BAB setidaknya tiga kali seminggu, tapi saat traveling bisa tidak BAB sama sekali dalam seminggu.

Susah BAB saat melakukan traveling bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti berubahnya aktivitas harian, termasuk pola makan dan kurang minum di perjalanan.

Baca juga: Membongkar 5 Mitos dan Fakta tentang Susah BAB atau Sembelit

Berikut ini cara mengatasi susah BAB yang bisa Anda saat traveling agar Anda tetap sehat.

1. Makan makanan berserat

Kekurangan makanan berserat dapat menyebabkan sebelum melakukan traveling, siapkan dahulu makanan dengan tinggi serat, seperti pisang, apel, pepaya, melon, atau kacang-kacangan dan sayuran.

Makanan berserat dapat melunakkan tekstur feses, dan juga menambah jumlah feses sehingga lebih mudah dan cepat untuk dikeluarkan.

"Konsumsi makanan berserat bukanlah cara menyembuhkan, melainkan mencegah susah BAB agar tidak sampai terjadi," dr M. Alvin Astian Ardiansyah, seperti dilansir Hello Sehat.

2. Minum obat pencahar

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.