Gerhana Matahari Bikin Perilaku Hewan Berubah, Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 27/12/2019, 17:04 WIB
Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Nias Utara, Sumatera Utara, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini. HANDOUT/BMKGPenampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Nias Utara, Sumatera Utara, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.

KOMPAS.com - Gerhana Matahari, seperti yang baru kita saksikan kemarin (26/12/2019), ternyata tidak hanya memengaruhi manusia saja, tetapi juga memengaruhi respons biologis dan mengubah perilaku hewan.

Seperti dilansir dari akun media sosial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) @lipiindonesia; LIPI dan Universitas Tadulako pernah melakukan penelitian terhadap hewan saat terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia pada 2016.

Penelitian tersebut dilakukan di Sulawesi Tengah meliputi Taman Nasional Lore Lindu, Cagar Alam Pengi Binangga, dan Pulau Kelelawar yang mengalami GMT dengan obskurasi 99 hingga 100 persen.

Penelitian itu telah dipublikasikan dengan judul "Effects of The Total Solar Eclipse of March 9, 2016 on The Animal Behaviour" oleh Sigit Wiantoro, Raden Pramesa Narakusumo, Eko Sulistyadi, Amir Hamidy, dan F Fahri dalam Journal of Tropical Biology and Conservation.