Perkenalkan Dofida dan Noifasui, 2 Benda Langit dengan Nama Indonesia

Kompas.com - 18/12/2019, 18:32 WIB
Bintang HD 117618 resmi diberi nama dengan bahasa Nias. Namanya kini Dofida. Bintang HD 117618 resmi diberi nama dengan bahasa Nias. Namanya kini Dofida.

KOMPAS.com - Bintang HD 117618 dan planet yang mengitarinya HD 117618 b, resmi diberi nama dari Indonesia.

Dofida untuk bintang HD 117618 dan Noifasui untuk eksoplanet HD 117618 b.

Kedua objek langit ini berada di rasi Centaurus. Rasi ini terletak di belahan langit selatan sehinggi kita yang tinggal di Indonesia dapat terus menyaksikannya di langit malam.

Rasi Centaurus, tepat berada di sebelah kiri rasi bintang Pari atau Gubung Penceng, sang penanda arah mata angin selatan.

Baca juga: Dofida dan Noifasui, Nama Nias untuk 2 Obyek Baru di Rasi Centaurus

Dofida berarti bintang kita dalam bahasa Nias.

Sementara Noifasui berarti mengelilingi dalam bahasa Nias. Kata ini berasal dari gabungan dua kata, ifasui yang berarti berkeliling dan no yang berarti telat dan masih terus berlanjut sampai saat ini.

Mengenal Dofida dan Noifasui

Bintang dofida

Marufin Sudibyo seorang astronom amatir Indonesia berkata kepada Kompas.com, bintang Dofida sudah diketahui sejak zaman dahulu dan tak ada yang menemukan.

"Bintang yang berada di rasi Centaurus ini tergolong bintang redup (magnitudo +7)," kata Marufin.

Bintang Dofida berjarak 124 tahun cahaya dari Bumi. Artinya, cahaya dari bintang tersebut membutuhkan waktu 124 tahun untuk sampai ke Bumi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X