Jalankan 4 Pilar Manajemen Ini untuk Permudah Pengobatan Diabetes

Kompas.com - 17/12/2019, 09:16 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Diabetes dianggap sebagai penyakit seumur hidup yang tak dapat diobati, hanya hanya bisa dikontrol.

Meski hal ini benar, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Dokter Spesialis Gizi Klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) berkata, menjalankan empat pilar manajemen diabetes adalah kunci untuk mempermudah pengobatan.

Empat pilar manajemen diabetes adalah menerapkan pola hidup sehat berupa (pola makan seimbang) terapi nutrisi, aktivitas fisik, minum obat sesuai anjuran dokter, dan edukasi.

"Tujuan utamanya untuk dapat mengontrol gula darah dengan baik dan terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes," kata dia.

Baca juga: Penderita Diabetes Harus Waspada Neuropati, Kenali Gejalanya di Sini

Empat pilar manajemen diabetes

Pola makan seimbang

Fia sangat menekankan, penderita diabetes harus menjalankan pola makan berupa asupan nutrisi yang baik.

Penyandang diabetes sering menganggap bahwa pemberian obat dan insulin sesuai anjuran dokter merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam manajemen diabetes.

Padahal, menurut Konsensus Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), manajemen diabetes dianjurkan dimulai dari memodifikasi gaya hidup, yakni dengan pengaturan pola makan dan aktivitas fisik.

"Perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan mengontrol berat badan akan membantu kinerja obat yang dikonsumsi sehingga lebih maksimal untuk mengelola kadar gula darah," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X