Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan 4 Pilar Manajemen Ini untuk Permudah Pengobatan Diabetes

Kompas.com - 17/12/2019, 09:16 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Diabetes dianggap sebagai penyakit seumur hidup yang tak dapat diobati, hanya hanya bisa dikontrol.

Meski hal ini benar, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Dokter Spesialis Gizi Klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) berkata, menjalankan empat pilar manajemen diabetes adalah kunci untuk mempermudah pengobatan.

Empat pilar manajemen diabetes adalah menerapkan pola hidup sehat berupa (pola makan seimbang) terapi nutrisi, aktivitas fisik, minum obat sesuai anjuran dokter, dan edukasi.

"Tujuan utamanya untuk dapat mengontrol gula darah dengan baik dan terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes," kata dia.

Baca juga: Penderita Diabetes Harus Waspada Neuropati, Kenali Gejalanya di Sini

Empat pilar manajemen diabetes

Pola makan seimbang

Fia sangat menekankan, penderita diabetes harus menjalankan pola makan berupa asupan nutrisi yang baik.

Penyandang diabetes sering menganggap bahwa pemberian obat dan insulin sesuai anjuran dokter merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam manajemen diabetes.

Padahal, menurut Konsensus Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), manajemen diabetes dianjurkan dimulai dari memodifikasi gaya hidup, yakni dengan pengaturan pola makan dan aktivitas fisik.

"Perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan mengontrol berat badan akan membantu kinerja obat yang dikonsumsi sehingga lebih maksimal untuk mengelola kadar gula darah," ujarnya.

Fia menjelaskan, akan percuma jika penderita diabetes hanya meminum obat-obatan tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Lantas, pola makan seperti apa yang dianjurkan untuk penderita diabetes?

Fia mengatakan, penderita diabetes harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Selain itu, salah satu yang sangat penting bagi penyandang diabetes adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan kalori yang terukur.

Anda perlu mencari makanan dengan rendah Indeks Glikemik agar dapat membantu kadar gula darah tetap stabil, memberikan ketersediaan energi lebih lama, dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com