Penderita Diabetes Harus Waspada Neuropati, Kenali Gejalanya di Sini

Kompas.com - 19/11/2019, 19:06 WIB
Ilustrasi kesemutan Ilustrasi kesemutan

KOMPAS.com - Diabetes bisa menyebabkan berbagai komplikasi, seperti gangguan ginjal, serangan jantung, stroke hingga impotensi.

Namun, ada satu komplikasi diabetes yang sering kali dilupakan, tetapi bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya, yaitu gangguan saraf tepi atau neuropati.

Prof Dr dr Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok menjelaskan bahwa kadar gula darah yang tinggi dalam kurun waktu lama melemahkan dinding pembuluh darah.

Padahal, dinding pembuluh darah memberikan nutrisi ke sel saraf. Lama kelamaan, sel saraf pun rusak, terutama saraf tepi. Kerusakan ini disebut neuropati perifer.

Gejala neuropati meliputi rasa kebas, kesemutan, rasa terbakar hingga rasa sakit.

Baca juga: Mengenal Hipoglikemia yang Bikin Penderita Diabetes Meninggal Mendadak

Penelitian Mardi menemukan bahwa neuropati merupakan komplikasi yang paling banyak dialami oleh penderita diabetes. Presentasenya mencapai 64,8 persen.

"Gejala komplikasi terbanyak kesemutan dan pegal. Impoten malah cuma 19 persen (dalam penelitian). Tapi yang paling ditakuti impoten. Padahal, kesemutan dan pegal paling dini," ujarnya.

Oleh karena itu, Mardi pun berpesan agar semua orang tidak menganggap remeh kesemutan dan pegal-pegal. Bila terjadi terus-menerus, harus segera ditangani dengan baik, termasuk melakukan cek reflek Knee Pess Reflex (KPR) dan cek gula darah.

Dalam upaya mencegah terjadinya neuropati, dr Yoska Yasahardja selaku Medical & Technical Affairs Manager Consumer Health, P&G Health, menyarankan tiga hal.

Baca juga: Penyakitnya Diabetes, Kok Efeknya sampai ke Ginjal, Otak, dan Jantung?

Pertama, mengatasi penyebabnya, misalnya diabetes itu sendiri bila memang disebabkan oleh diabetes.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X