Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2019, 18:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Selama ini, yang kita ketahui tentang penuaan adalah hal tersebut terjadi seiring bertambahnya usia.

Namun, penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa tubuh kita bertambah tua secara signifikan pada tiga tahap. Penelitian ini menemukan titik di mana tubuh kita “berganti gigi” ketika bertambah tua, sehingga membantu kita untuk menghindari penyakit terkait usia seperti Alzheimer atau penyakit jantung.

Penelitian yang sama juga menghasilkan prediksi terhadap masa penuaan seseorang menggunakan level protein (preotome) pada darah mereka.

“Dengan menggali sel penuaan yaitu preotome, kami menemukan perubahan terhadap masa hidup seseorang. Perubahan ini sebagai hasil dari protein yang bergerak dalam pola tertentu, menunjukkan tiga gelombang penuaan,” tutur para ilmuwan seperti dikutip dari Science Alert, Senin (9/11/2019).

Baca juga: Cegah Penuaan, Hindari 8 Faktor Risiko yang Bikin Kulit Tidak Sehat

Para ilmuwan menganalisa data berdasarkan plasma darah dari 4.263 responden berusia 18-95 tahun. Para ilmuwan memetakan level pada 3.000 jenis protein yang beredar dalam plasma darah tiap responden.

Sementara level protein pada beberapa usia cenderung konstan, para peneliti menemukan bahwa terdapat kelipatan jumlah protein pada tiga fase yakni adulthood (34 tahun), late middle age (60 tahun), dan old age (78 tahun).

Ilustrasi Penuaan DiniLuckyBusiness Ilustrasi Penuaan Dini

Hal tersebut juga menunjukkan keterkaitan antara protein dalam darah dengan penuaan.

“Kami sudah tahu sejak lama bahwa mengukur beberapa protein tertentu dalam darah bisa memberikan informasi tentang status kesehatan seseorang, lipoprotein untuk kesehatan kardiovaskular misalnya,” tutur ahli saraf Tony Wyss-Coray dari Stanford Alzheimer’s Disease Research Center (ADRC).

Baca juga: Mengenal Konsep Penuaan yang Berkualitas dan Cara Mencapainya

Para peneliti juga telah membuat sebuah sistem, dengan menggabungkan 373 protein berbeda di dalam darah, maka mereka bisa memprediksi usia seseorang dengan tepat.

Pada masa mendatang, penelitian ini membuka peluang seseorang untuk mengecek penuaan lewat tes darah. Semakin kita tahu bagaimana proses penuaan, semakin kita bisa mengubah kebiasaan terkait hal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com