Studi Terbaru, Tubuh Kita Bertambah Tua dalam Tiga Tahap

Kompas.com - 09/12/2019, 18:05 WIB
Ilustrasi penuaan as3dIlustrasi penuaan

KOMPAS.com – Selama ini, yang kita ketahui tentang penuaan adalah hal tersebut terjadi seiring bertambahnya usia.

Namun, penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa tubuh kita bertambah tua secara signifikan pada tiga tahap. Penelitian ini menemukan titik di mana tubuh kita “berganti gigi” ketika bertambah tua, sehingga membantu kita untuk menghindari penyakit terkait usia seperti Alzheimer atau penyakit jantung.

Penelitian yang sama juga menghasilkan prediksi terhadap masa penuaan seseorang menggunakan level protein (preotome) pada darah mereka.

“Dengan menggali sel penuaan yaitu preotome, kami menemukan perubahan terhadap masa hidup seseorang. Perubahan ini sebagai hasil dari protein yang bergerak dalam pola tertentu, menunjukkan tiga gelombang penuaan,” tutur para ilmuwan seperti dikutip dari Science Alert, Senin (9/11/2019).