Misi NASA Sentuh Matahari, Ungkap Perilaku Rumit yang Mengejutkan

Kompas.com - 06/12/2019, 18:32 WIB
Wahana antariksa Parker berada di posisi terdekat dengan Matahari science alertWahana antariksa Parker berada di posisi terdekat dengan Matahari

KOMPAS.com - Misi penyelidikan Matahari yang dilakukan wahana penjelajah Parker berhasil mengumpulkan sejumlah data penting.

Wahana yang dikirim NASA pada Agustus 2018 itu mengumpulkan sejumlah data menggunakan instrumen ilmiah mutakhir dari jarak 15 juta mil.

Apa yang dilakukan NASA denagn wahana penjelajah Parker tercatat sebagai, teknologi bikinan manusia yang berada sangat dekat dengan matahari.

Kini, ilmuwan mulai merilis temuan apa saja yang diperoleh wahana Parker.

Baca juga: Astronom Pelajari Bintang Langka untuk Ketahui Akhir Kisah Matahari

Data yang diterbitkan dalam 4 makalah di jurnal Nature mengungkap, bagaimana memahami cara bintang lahir, berevolusi, mati, serta pemahaman mengenai Matahari itu sendiri.

"Saat pertama kali mulai melihat data, kompleksitasnya mengejutkan kami," kata Stuart Bale, peneliti dari University of California, Berkeley, dilansir Science Alert, Rabu (4/12/2019).

Ada beberapa temuan dari data yang dihasilkan wahana penjelajah Parker.

Matahari menghasilkan angin matahari yang terus menerus membombardir medan magnet Bumi. Terkadang angin tersebut mengakibatkan gangguan pada sistem satelit dan komunikasi.

Hal ini memberi pemahaman yang lebih baik terkait bagaimana angin matahari dihasilkan.

Ini juga dapat membantu para peneliti menemukan cara untuk melindungi Bumi dari badai matahari di masa depan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X