Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2019, 21:11 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kamis (5/12/2019) terjadi dua gempa besar di Indonesia.

Gempa pertama terjadi pada pukul 16.13.50 WIB mengguncang wilayah Aceh Besar.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M 5,5 selanjutnya dimutakhirkan menjadi M 5,0.

Episenter terletak pada koordinat 5,21 LU dan 95,79 BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah tenggara Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 10 km.

Menurut Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum.

Baca juga: Gempa November 2019, Ada Lebih dari 1.306 Kali Guncangan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme sesar mendatar/geser (strike-slip fault)," kata Daryono kepada Kompas.com, Kamis.

Dampak gempa dirasakan di daerah Sukamakmur Aceh Besar, Pidie, Peukan Banda Aceh, Aceh Jaya, Mata Ie dalam skala intensitas II-III MMI, di mana guncangan dirasakan oleh semua orang seakan akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil monitoring BMKG juga belum tampak ada aktivitas gempa susulan (aftershock).

Menurut Daryono, gempa Aceh Besar sangat menarik dikaji. Pasalnya, ini terjadi di zona Sesar Segmen Seulimeum yang sudah sekian lama tidak terjadi gempa.

Catatan terakhir bahwa di zona ini pernah terjadi gempa pada tahun 1964 berkekuatan M 6,5 dan pada tahun 1967 berkekuatan M 6,8.

"Segmen Sesar Seulimeum ini memiliki magnitudo tertarget mencapai M 6,9 dengan laju pergeseran sesar 7,0 mm per tahun. Sesar aktif ini patut untuk diwaspadai," kata Daryono.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Adakah Kaitannya dengan Gempa Sleman?

Setelah Aceh, gempa berkekuatan M 5,8 yang berpusat di laut, tepatnya 148 km Timur Laut Melonguane terjadi pada pukul 19.24.43 WIB.

Episenter terletak pada koordinat 5,33 LU dan 126,83 BT pada kedalaman 10 km.

Adapun wilayah yang merasakan gempa ini adalah masyarakat di Pulau Miangas, Sulawesi Utara pada skala II-III MMI, di mana guncangan dirasakan oleh semua orang seakan akan ada truk berlalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com