Sakit Leher saat Bangun Tidur, Begini Penyebab dan Cara Menanganinya

Kompas.com - 03/12/2019, 19:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.COM - Pernahkah Anda merasa sakit leher saat bangun tidur? Biasanya, untuk mengurangi rasa sakit ini, Anda membuat gerakan seperti memutarkan kepala.

Sakit leher seperti ini biasanya terjadi karena posisi tidur, jenis bantal yang digunakan, atau masalah tidur lainnya.

Dilansir dari Healthline (27/06/2019), penelitian menunjukkan bahwa masalah tidur mungkin merupakan akar hingga lima persen dari kasus baru penyakit kronis. Faktor-faktor penyebab sakit leher ini dapat Anda ubah di rumah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Berikut faktor-faktor penyebab sakit leher:

1. Posisi tidur

Posisi tidur tengkurap ternyata dapat menyebabkan sakit leher. Saat tidur tengkurap, leher Anda bisa bertumpu pada satu sisi selama berjam-jam. Hal ini dapat meregangkan otot leher sehingga membuat leher terasa pegal dan kaku di pagi hari.

Tidur di kasur tanpa bantal dan guling juga dapat membuat ketegangan saat tidur. Penyebabnya adalah tulang belakang dan otot-otot di punggung menekan perut ke arah kasur.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Benarkah Main Gawai Bikin Tanduk Tumbuh di Leher?

2. Memilih Bantal Saat Tidur

Tidur menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pemakaian bantal untuk mencegah rasa sakit di leher.

Bantal yang tidak menopang kepala dan leher dengan benar dapat membuat ketegangan pada otot leher Anda. Hal itulah yang menyebabkan sakit pada leher.

Agar tulang punggung dan leher nyaman, disarankan memakai bantal bulu atau memory foam sehingga kepala Anda seperti "dipeluk" di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X