Ledakan di Monas, Ini Bahayanya jika Terpapar Granat Asap

Kompas.com - 03/12/2019, 17:02 WIB
Anggota Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Ledakan diduga berasal dari granat asap terjadi di kawasan Monas pada Selasa pagi dan diketahui melukai dua orang anggota TNI. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIAnggota Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Ledakan diduga berasal dari granat asap terjadi di kawasan Monas pada Selasa pagi dan diketahui melukai dua orang anggota TNI.

KOMPAS.com – Pagi tadi, Selasa (3/12/2019), terjadi ledakan di Monumen Nasional (Monas) yang disebabkan oleh granat asap.

Granat asap merupakan granat berbentuk kaleng yang digunakan sebagai alat isyarat darat atau darat ke udara.

Peneliti bidang kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Joddy Arya Laksmono M.T. mengatakan granat asap pada dasarnya berfungsi sebagai penanda dan digunakan oleh militer.

“Sebetulnya fungsinya adalah sebagai alat penanda untuk zona sasaran atau pendaratan,” tuturnya kepada Kompas.com, Selasa (3/12/2019).

Baca juga: Apa Itu Granat Asap, Penyebab Ledakan di Monas?

Granat asap, lanjut Joddy, terbagi menjadi dua jenis yaitu granat asap berwarna dan granat asap penyembunyi. Masing-masing memiliki kandungan zat kimia yang berbeda. Dampaknya pun berbeda terhadap kesehatan orang yang terpapar zat tersebut.

Granat asap berwarna

Jenis pertama adalah granat asap berwarna. Menurut Jody, granat asap ini diisi sekitar 200-300 gram campuran asap pewarna.

“Terdiri dari potasium nitrat, laktosa, dan pewarna baik organik maupun anorganik,” tambahnya.

Granat asap seperti ini menurut Joddy cenderung tidak berbahaya.

“Baik ketika terhirup maupun terpapar kulit, cenderung tidak berbahaya,” tambahnya.

Granat asap penyembunyi

Jenis kedua adalah granat asap penyembunyi. Joddy mengatakan, bahan kimia utama yang ada dalam granat ini adalah hexachloroethane-zinc (HC), atau campuran dari asam terephthalic (TA).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X