Pertama dalam Sejarah, Ahli Berhasil Catat Detak Jantung Paus Biru

Kompas.com - 29/11/2019, 07:32 WIB
Peneliti berhasil mencatat detak jantung paus biru yang dapat memiliki bobot mencapai 172.365 kilogram. science alertPeneliti berhasil mencatat detak jantung paus biru yang dapat memiliki bobot mencapai 172.365 kilogram.

KOMPAS.com - Pertama kali dalam sejarah, ahli biologi kelautan berhasil mencatat detak jantung paus biru di alam liar.

Hasil pencatatan itu juga berhasil menunjukkan kalau ternyata jantung membantu cetacea tersebut menahan napas dalam waktu yang lama.

Studi yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin (25/11/2019), mengungkap pula bagaimana paus biru dapat mengerahkan energi untuk paru-paru ketika kembali ke permukaan dengan cepat.

Paus biru merupakan mahluk terbesar yang hidup di planet ini. Mamalia akuatik tersebut memiliki panjang hingga 30 meter dengan berat mencapai 173 metrik ton atau 172.365 kilogram. Atau setara dengan 28 gajah Afrika yang merupakan hewan darat terbesar.