Mengenal Disfungsi Seksual, Gangguan Respons saat Berhubungan Badan

Kompas.com - 28/11/2019, 09:03 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Disfungsi seksual menjadi hal yang jarang diperbincangkan. Padahal, gangguan ini cukup umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berhubungan intim bersama pasangan.

Hingga saat ini belum ada angka prevalensi yang pasti mengenai kasus disfungsi seksual di Indonesia.

Namun, dari hasil penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada tahun 2018 menemukan, 90 persen dari 300 wanita yang disurvei pernah mengalami disfungsi seksual.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Grace Valentine SpOG mengatakan, hasil penelitian tersebut cukup mengejutkan.

Baca juga: Istri Juga Bisa Alami Disfungsi Seksual, Kenali 5 Penyebabnya

"Banyak yang mengaku hal ini (disfungsi seksual) tidak penting dibahas, tetapi sebenarnya disfungsi seksual akan memengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi, hanya enam persen dari perempuan tersebut yang mengakui dirinya terganggu akibat disfungsi seksual," kata Grace dalam sebuah acara bertajuk Vaginismus dan Difungsi Seksual Perempuan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Apa itu disfungsi seksual?

Secara umum disfungsi seksual merupakan ketidakmampuan menikmati hubungan seksual secara penuh, dan masalah pada gangguan disfungsi seksual ini terjadi dalam fase siklus respons seksual.

"Gangguan pada fase siklus respons seksual tersebutlah yang menghambat individu atau pasangan untuk mengalami kepuasan dalam kegiatan seksual," ujar Grace.

Siklus respon seksual tersebut dibagi menjadi empat fase, gangguan libido (hasrat seksual), gangguan rangsangan seksual, gangguan orgasme, dan nyeri saat berhubungan seksual.

" Disfungsi seksual dapat dialami oleh pria maupun perempuan dewasa," tuturnya.

Berdasarkan laporan saat ini semakin banyak pasangan usia muda mengalami disfungsi seksual.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X