Kompas.com - 27/11/2019, 19:03 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang berpikir tidak butuh vaksin bila tubuh sedang sehat. Namun sebenarnya hal ini tidak berlaku, terutama jika Anda berencana melakukan perjalanan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis SpPD K-AI FINASIM.

"Semua orang dapat terkena flu, meskipun kamu sedang merasa sehat sekalipun," kata dr Iris dalam acara "Bebas Influenza Saat Traveling" di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Risiko Influenza Sangat Tinggi Saat Traveling, Ini Antisipasinya

Hal itu dikarenakan, galur virus influenza terus bermutasi dan menyebar ke area lain. Influenza menular dengan sangat cepat dan mudah lewat udara. Saat perjalanan adalah momen paling rentan tersebarnya virus influenza.

Dampak buruknya, influenza dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi yang dapat berujung pada kematian. Maka, dr Iris mengingatkan untuk melakukan pencegahan terhadap virus influenza.

Manfaat vaksinasi virus influenza

Dijelaskan dr Iris, influenza adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Hal ini sebaiknya dilakukan terutama bila Anda akan melakukan perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Khususnya yang mengikuti perjalanan dengan transportasi umum dan kelompok besar peserta seperti umrah atau haji," jelasnya.

Vaksinasi dilakukan untuk dapat mencegah komplikasi influenza seperti radang paru, perawatan di rumah sakit, atau bahkan kematian akibat gangguan saluran napas yang berat.

Baca juga: Serba-serbi Influenza: Faktor Risiko hingga Tips Pencegahannya

Dengan catatan, vaksinasi harus dilakukan setidaknya setidaknya dua minggu sebelum melakukan perjalanan. Sebab vaksin influenza membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk membentuk antibodi.

Atau dengan melakukan vaksin tersebut setidaknya sekali dalam setahun, dan dilakukan rutin setiap tahun.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.