Terancam Punah, 100 Buaya Gharial yang Unik Lahir di Nepal

Kompas.com - 23/11/2019, 10:03 WIB
Gharial (Gavialis gangeticus), atau juga dikenal sebagai gavial, adalah buaya langka. Kini hanya tersisa kurang dari seribu gharial dewasa di alam liar. Gharial (Gavialis gangeticus), atau juga dikenal sebagai gavial, adalah buaya langka. Kini hanya tersisa kurang dari seribu gharial dewasa di alam liar.

KOMPAS.com - Gharial (Gavialis gangeticus), atau juga dikenal sebagai gavial, tampak sangat unik karena moncong tipis dan panjang yang khas. Jenis reptil ini sangat langka, hanya tersisa kurang dari seribu gharial dewasa di alam liar.

Penemuan sekitar 100 bayi gharial baru-baru ini memberi harapan baru bagi pelestarian spesies langka tersebut, kata para ilmuwan.

Buaya jenis ini tersebar dan berupaya untuk bertahan di India, Nepal, dan Bangladesh.

Baca juga: Kisah Nahas dari Zambia, Buaya Mati Tertindih Gajah Mati

Peneliti dari Zoological Society of London (ZSL), Rikki Gumbs, mengungkapkan detil temuannya dan mengaku terkesima dengan penemuan bayi-bayi buaya yang sedang berjemur di pasir di Taman Nasional Bardia.

"Mengingat jumlah spesies ini sangat terbatas, hanya sekitar lima populasi di kawasan ini, temuan ini menjadi temuan yang sangat positif. Temuan ini merupakan langkah penting dari upaya pelestarian spesies ini di Nepal," katanya.

"Setelah berjalan menjelajahi hutan selama berjam-jam lalu duduk di punggung bukit dan mengintip bayi-bayi itu di bawah kami.. itu merupakan momen yang luar biasa," kata Ashish Bashyal, yang memimpin proyek konservasi di Nepal.

"Dengan ukuran sekitar 30 sentimeter, mereka tampak seperti miniatur gharial dewasa yang sangat lucu," katanya.

Ke-100 buaya mungil itu, ditambah tiga buaya betina dewasa dan satu buaya jantan, ditemukan pada Juni tahun ini.

Namun, kabar tentang temuan ini baru dirilis belakangan sebagai bagian dari upaya mendanai program konservasi. Buaya jenis ini terakhir terlihat di wilayah itu sekitar 30 tahun lalu.

Kabar tentang temuan tersebut sangat menggembirakan terutama setelah hujan deras baru-baru ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X