Kisah Nahas dari Zambia, Buaya Mati Tertindih Gajah Mati

Kompas.com - 21/10/2019, 19:04 WIB
Seekor buaya mati ditemukan tertindih gajah mati. Kafunta Safaris, Zambia/Image by Andrew MwanzaSeekor buaya mati ditemukan tertindih gajah mati.

KOMPAS.com - Sebuah foto yang diambil di Taman Nasional Luangwa Selatan di Zambia menunjukkan hal yang tidak biasa.

Seekor buaya mati tertindih gajah mati. Ekornya menjulur keluar dari bawah kaki belakang gajah.

Perusahaan safari yang mengunggah foto ini, Kafunta Safaris, ke Facebook berkomentar bahwa pemandangan ini luar biasa aneh. Mereka pun bertanya-tanya mengenai asal mula kejadian ini.

Dilansir dari Live Science, Rabu (17/10/2019), hasil pemeriksaan oleh Departemen Taman Nasional dan Hewan Liar Zambia mengungkapkan bahwa kedua hewan itu masih berusia muda. Mereka mati bukan karena perburuan liar.

Baca juga: Ada Spesies Buaya Baru di Papua Niugini, Panjangnya 3 Meter

Buaya tersebut berjenis buaya nil (Crocodylus niloticus) yang memang hidup di Sungai Luangwa, sedangkan gajah berjenis gajah afrika (Loxodonta africana).

Marisa Tellez, salah satu pendiri dari Koalisi Penelitian Buaya di University of California berkata bahwa buaya nil dengan bobot maksimal 748 kilogram biasanya tidak akan menyerang gajah sehat yang pada usia dewasanya bisa mencapai bobot 6.350 kilogram.

Seekor gajah mati ditemukan menindihi buaya mati.Kafunta Safaris, Zambia/Image by Andrew Mwanza Seekor gajah mati ditemukan menindihi buaya mati.

"Dari foto yang kulihat, buayanya adalah dewasa muda atau dewasa kecil, dan aku menyangsikan dia berusaha untuk menyerang seekor gajah dewasa. Ini terlalu ribet dan malah akan merugikan predator yang lebih kecil," ujarnya.

Menurut dugaan juru bicara Departemen Taman Nasional dan Hewan Liar Zambia, gajah mungkin bertemu dengan buaya dalam keadaan terluka karena diserang singa.

Baca juga: Tertangkap Kamera, Inilah Detik-detik Ular Raksasa Telan Buaya

Ketika melawan buaya, gajah yang kelelahan atau terluka parah mungkin akhirnya roboh dan menimpa buaya hingga mati.

Jika gajah tidak terluka, bisa jadi buaya menyerang untuk melindungi sarangnya.

Tellez mengatakan, tentu Anda akan bsia menemukan individu-individu yang lebih berani dan melawan mangsa yang kelewat besar. Tetapi aku juga bertanya-tanya bila buaya adalah seekor betina muda yang sedang melindungi sarangnya dari seekor gajah yang menginjak-injak.

Dugaan yang mana pun, yang sudah pasti saat ini adalah gajah dan buaya sama-sama mati mengenaskan. Namun, kematian mereka memberikan keuntungan bagi berlusin-lusin burung bangkai yang dengan segera mengumpul dan makan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X