Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Serbi Hewan: Bisakah Buaya Memanjat Pohon? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 25/04/2019, 11:29 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Bertubuh besar dan tidak memiliki adaptasi fisik sebagai pemanjat, ternyata buaya mahir memanjat dan melakukan kegiatan ini secara teratur.

Setidaknya ini disampaikan dalam sebuah studi yang terbit di jurnal Herpetology Notes edisi 2014.

Melansir pbs.org, tim ahli mempelajari lima spesies buaya di Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Dari pengamatan mereka, tim menemukan bahwa buaya dapat memanjat sampai setinggi dua meter dari tanah.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Gajah dan Manusia Siapa Paling Jago Renang?

Para ahli juga menemukan, buaya berukuran kecil gemar memanjat pohon secara vertikal dan buaya besar lebih mengandalkan cabang yang miring.

Fakta ini akhirnya memunculkan kesimpulan baru, spesies berdarah dingin itu memanjat pohon untuk mengatur suhu tubuh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari dan mengawasi lingkungan sekitar.

Ketika para ahli mencoba mengamati perilaku mereka dari dekat, reptil besar ini seperti gelisah dan segera melarikan diri dari ketinggian.

Para peneliti yang terlibat dalam penelitian mencatat bahwa warga yang tinggal di sekitar habitat buaya sudah mengetahui tentang keahlian tersembunyi buaya sejak lama, namun memang jarang dilakukan penelitian.

Sebuah dokumentasi lama tahun 1972 mengungkap bayi buaya secara singkat dapat memanjat pohon dan bergelantungan seperti bunglon.

Studi 2014 ini sesuai dengan laporan pada Desember 2013 tentang dua ekor buaya yang mengelabuhi mangsa dengan menyamarkan moncong agar mirip ranting pohon.

Baca juga: Studi Ungkap Hewan Laut yang Ditakuti Hiu

Jadi kalau kita sedang berjalan-jalan di dekat rawa atau habitat buaya, ada baiknya kita awas dan memantau pohon. Siapa tahu buaya sedang mengamati kita dari atas pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com