Seri Baru Jadi Ortu: Tips Merawat Bayi Prematur agar Tumbuh Optimal

Kompas.com - 18/11/2019, 07:53 WIB
ilustrasi bayi Pexelilustrasi bayi


KOMPAS.com - Bayi dengan kelahiran prematur memiliki fase yang lebih rentan pada jangka pendek kelahiran yaitu 28 hari pertama karena organ tubuh yang belum matang atau belum sempurna. Meski begitu, bukan berarti bayi prematur tak dapat memiliki tumbuh kembang yang baik.

Dokter spesialis anak konsultan Neonatologi RSCM, dr M Azharry Rully SSpA, mengatakan, meski lahir prematur, anak masih memiliki kesempatan untuk tumbuh sehat seperti anak-anak lainnya.

Namun, untuk dapat menjadikan anak yang lahir prematur tumbuh dengan baik, ada hal-hal yang harus dilakukan oleh para orangtua.

Baca juga: Hamil Bayi Kembar Berisiko Lahir Prematur, Seperti yang Dialami Cynthia Lamusu

"Ada tata laksananya agar anak yang lahir prematur itu bisa mengejar ketertinggalan pertumbuhannya," kata Azharry dalam sebuah acara bertajuk Upaya Pencegahan dan Tatalaksana Anak Prematur Agar Tumbuh Kembang Optimal dari Danone, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Berikut ini adalah tata laksana yang dapat diikuti oleh orangtua dalam merawat bayi lahir prematur.

1. Waspada hipotermia

Karena kondisi kesehatannya, anak prematur yang memiliki berat lahir rendah akan lebih rentan untuk mengalami hipotermia.

Untuk itu, pastikan setelah memandikannya, anak benar-benar kering dan segera selimuti untuk menjaga suhu tubuhnya.

2. Metode kanguru

Ibu juga dapat mempraktikkan metode kanguru, yaitu menghangatkan anak baru lahir menggunakan suhu tubuh ibunya.

Selain menghangatkan tubuh anak, metode ini dipercaya dapat meningkatkan berat badan bayi dengan cepat dan memperkuat ikatan antara ibu dan anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X