Trending #fotojadul di Medsos, Kenapa Sih Kita Suka Bernostalgia?

Kompas.com - 14/11/2019, 18:05 WIB
Google luncurkan PhotoScan untuk memudahkan pengguna memindai foto jadul Fatimah Kartini Bohang/kompas.comGoogle luncurkan PhotoScan untuk memudahkan pengguna memindai foto jadul

KOMPAS.com - # Fotojadul bertebaran di sosial media sejak kemarin. Banyak postingan warganet yang membandingkan foto dulu dan masa kini, disertai tagar tersebut.

Ramainya # fotojadul di sosmed, secara tidak langsung mengingatkan seperti apa kita di masa lalu. Terkadang, kita dibuat tertawa mengenang masa-masa lalu.

Nah, nostalgia lewat #fotojadul ternyata juga memberi manfaat secara psikologis untuk kita.

Gracia Ivonika, M. Psi., Psi dari Personal Growth mengatakan, nostalgia merupakan sesuatu yang alami. Ini merupakan wujud kerinduan sentimental akan masa lalu.

Baca juga: #10YearsChallenge, Jebakan Nostalgia dan Dampak untuk Sekitar

Pemicu kerinduan sentimental hingga membuat nostalgia bisa bermacam-macam.

Mulai dari afek negatif seperti perasaan sedih dan kesepian, input sensoris dari lagu atau bau khas yang membangkitkan memori masa lalu, hingga setting seperti pulang ke kampung halaman atau kejadia saat ini yang pernah terjadi di masa lalu.

Interaksi sosial seperti bertemu dengan teman lama atau sengaja membahas topik masa kecil juga dapat membangkitkan nostalgia.

" Nostalgia wajar dilakukan. Namun umumnya lebih sering dilakukan orang dewasa, terutama orang yag sudah memasuki tahapan perkembangan dewasa madya," ungkap Gracia melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Gracia mengatakan, saat memasuki usia sekitar 40 tahun ke atas, orang perlahan memasuki masa transisi dan penyesuaian diri terhadap berbagai perubahan fisik, minat, pola hidup, peran, serta tujuan hidup seiring dengan pertambahan usia.

Pada masa ini pula, orang biasanya mulai melakukan evaluasi atas dirinya selama ini, sehingga mereka banyak melakukan refleksi diri dan kembali mengenang masa lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X