Ingin Konsentrasi Anda Meningkat? Coba 5 Hal Berikut

Kompas.com - 03/11/2019, 18:26 WIB
Manusia daat mengontrol kenangan dan pemikiran dalam otak. Manusia daat mengontrol kenangan dan pemikiran dalam otak.

KOMPAS.com - Mempertahankan konsentrasi memungkinkan Anda untuk bekerja dengan baik, yang berdampak pada produktivitas yang baik pula. 

Karena itu, diperlukan kemampuan yang baik untuk mempertahankan konsentrasi. Dilansir dari Medical News Today, berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi.

1. Green time

Penelitian menunjukkan bahwa paparan lingkungan yang hijau, termasuk ruangan yang hijau, bermanfaat bagi perkembangan otak anak-anak.

Dalam penelitian yang dilakukan, anak-anak berusia 4-5 tahun dengan lebih banyak ruang hijau di sekitar mereka mendapat nilai lebih baik dalam tes perhatian.

Selain itu, melirik tanaman hijau serta memperkaya kantor dengan tumbuhan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di perguruan tinggi dan tempat kerja sebesar 15 persen.

Baca juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Hal ini diketahui dari penelitian yang dilakukan. Siswa diminta untuk melakukan tugas dan diberikan waktu istirahat selama 40 detik di tengah-tengah tes untuk melihat gedung berbeton atau padang rumput yang berbunga.

Dan hasilnya, orang-orang yang melirik padang rumput membuat kesalahan jauh lebih sedikit dan menujukkan tingkat konsentrasi yang unggul pada tugas mereka dibandingkan dengan yang tidak.

2. Beristirahat

Istirahat dari gangguan berikut ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi Anda.

Email
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang membaca email sepanjang hari berganti layar dua kali lebih sering dengan detak jantung yang konstan. Dan ketika email dihapus selama 5 hari, detak mereka kembali normal.

Dan para ahli menyimpulkan bahwa berlibur dari email ini secara signifikan mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi serta fokus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X