LIPI Kenalkan ddPCR untuk Bantu Kebutuhan Riset Bioteknologi

Kompas.com - 30/10/2019, 20:30 WIB
Saat ini teknologi PCR telah dikembangkan dalam generasi ketiga yang disebut Droplet Digital PCR (ddPCR). DOK.LIPISaat ini teknologi PCR telah dikembangkan dalam generasi ketiga yang disebut Droplet Digital PCR (ddPCR).

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dalam berbagai sektor diyakini dapat menjawab kebutuhan atas beragam tantangan. Seperti halnya penemuan terbaru bernama Polymerase Chain Reactiom (PCR), yang dianggap peneliti dapat membawa era baru dalam menjawab kebutuhan riset bioteknologi.

Melalui Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), teknologi digital PCR dapat dimanfaatkan untuk deteksi halal, penyakit, dan produk rekayasa genetika.

Meski begitu, penguasaan terhadap teknologi ini di Indonesia dirasa masih kurang.

"Teknologi ddPCR ini mampu membantu deteksi sampel DNA dengan konsentrasi yang sangat rendah tanpa mengurangi akurasi dan presisinya. Selain itu juga mampu mendeteksi keberadaan inhibitor pada sampel dan dapat diaplikasikan pada sampel yang kompleks," ujar Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti.