Ketahui Pertolongan Pertama terhadap Stroke agar Tidak Meninggal

Kompas.com - 30/10/2019, 19:06 WIB
Ilustrasi stroke shutterstockIlustrasi stroke

KOMPAS.com – Stroke bisa datang kapan saja, tak peduli tempat dan waktu. Stroke juga bisa menyerang orang dengan berbagai rentang usia, dari tua hingga muda.

Pengaruh stroke jangka pendek dan jangka panjang dapat mengubah hidup seseorang. Tak jarang, stroke menyebabkan cacat pada bagian tubuh baik sementara maupun seterusnya.

Gejala awal stroke biasa dianggap sepele oleh orang yang merasakannya. Para tenaga medis mengenal istilah FAST dalam mengenali gejala awal penderita stroke.

Baca juga: Hari Stroke Sedunia, Inilah 3 Jenis Stroke yang Paling Kerap Menyerang

FAST merupakan singkatan dari Face Dropping, Arm Weakness, Speech Difficulty, dan Time.

Face Dropping merupakan perubahan bentuk wajah, sementara Arm Weakness adalah tangan/lengan yang lemas atau mati rasa. Speech Difficulty adalah kesulitan berbicara, dan Time merepresentasikan waktu untuk membawa pasien ke rumah sakit.

Pertolongan Pertama

Jika orang di sekitar Anda mengaku merasakan gejala-gejala tersebut, jangan pikir panjang, langsung larikan ke rumah sakit terdekat.

Mengutip situs Medical News Today, berikut pertolongan pertama terhadap penderita stroke:

Ilustrasi Hari Stroke SeduniaShutterstock Ilustrasi Hari Stroke Sedunia

Telepon Rumah Sakit terdekat

Usai menelefon ambulans/ Rumah Sakit terdekat, tetaplah tenang. Pastikan area di sekitar Anda dan penderita stroke relatif aman dan jauh dari lalu-lalang.

Berbicaralah kepada penderita. Tanyakan siapa namanya, dan beberapa pertanyaan lainnya. Jika orang tersebut tidak bisa berbicara, mintalah dia untuk menggenggam tangan Anda saat menjawab pertanyaan.
Jika ia tidak bisa merespon, besar kemungkinan kesadarannya telah hilang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X