Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonstruksi Tengkorak Berusia 600 Tahun, Ini Bentuk Wajah Manusia Zaman Itu

Kompas.com - 25/10/2019, 13:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Sekelompok peneliti dari AOC Archeology Group, Inggris, baru-baru ini merekonstruksi wajah manusia abad pertengahan berdasarkan tengkorak berusia 600 tahun.

Tengkorak tersebut ditemukan bersama dengan 60 buah tulang-belulang lainnya di bawah tanah Aberdeen Art Gallery.

Baca juga: Temukan Tengkorak 3,8 Juta Tahun, Ahli Bingung soal Asal Usul Manusia

Teknologi rekonstruksi wajah tersebut membuahkan sebuah gambar seorang pria, yang disebut peneliti sebagai Skeleton (SK) 125. Berdasarkan hasil analisa, SK 125 berusia lebih dari 46 tahun.

“SK 125 menyuguhkan potret jelas pertama tentang wajah manusia di abad pertengahan, yang tertimbun di bawah tanah Aberdeen Art Gallery lebih dari 600 tahun lalu,” tutur Dr Paula Milburn dari AOC Archeology Group, seperti dikutip dari The Independent, Jumat (25/10/2019).

Tengkorak tersebut ditemukan bersama dengan 60 buah tulang-belulang lainnya di bawah tanah Aberdeen Art Gallery.AOC Archeological Group/PA Wire Tengkorak tersebut ditemukan bersama dengan 60 buah tulang-belulang lainnya di bawah tanah Aberdeen Art Gallery.

Tingginya antara 5 kaki 2 inci (sekitar 1,6 meter) sampai 5 kaki 5 inci (sekitar 1,8 meter). SK 125 dipercaya mengalami penyakit pada gigi dan persendian wajah.

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa SK 125 bukanlah asli Aberdeen (kota di timur laut Skotlandia). Kemungkinan ia menghabiskan masa kecil di wilayah Outer Hebrides (Long Island/Long Isle, kepulauan di barat daya Skotlandia).

Berdasarkan hasil analisa, SK 125 berusia lebih dari 46 tahun. Tingginya antara 5 kaki 2 inci (sekitar 1,6 meter) sampai 5 kaki 5 inci (sekitar 1,8 meter). SK 125 dipercaya mengalami penyakit pada gigi dan persendian wajah.AOC Archeological Group/PA Wire Berdasarkan hasil analisa, SK 125 berusia lebih dari 46 tahun. Tingginya antara 5 kaki 2 inci (sekitar 1,6 meter) sampai 5 kaki 5 inci (sekitar 1,8 meter). SK 125 dipercaya mengalami penyakit pada gigi dan persendian wajah.

Rencana renovasi Aberdeen Art Gallery sudah ada sejak 2015 lalu, namun terhenti karena penemuan beberapa tulang-belulang di bawah tanahnya. Galeri seni ini dibangun pada 1885.

“Penggalian masih akan dilakukan sementara kami meneliti tulang-belulang yang ditemukan, dengan berbagai informasi mengagumkan tentang orang-orang yang terkubur di sana. Termasuk informasi mengenai usia, jenis kelamin, kesehatan, dan gaya hidup,” tutur Dr Paula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com