Peringatan untuk Kita, Polusi Udara Picu Serangan Jantung dan Stroke

Kompas.com - 25/10/2019, 10:04 WIB
Ilustrasi polusi udara DragonImagesIlustrasi polusi udara

KOMPAS.com - Polusi udara merupakan “sahabat” bagi masyarakat perkotaan atau daerah industri. Polusi udara menyebabkan penyakit seperti asma, serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya. Kondisi ini menyerang berbagai negara, tak terkecuali di Inggris.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (21/10/2019), angka penderita serangan jantung dan stroke meningkat akibat tingginya polusi udara di beberapa kota di Inggris.

Beberapa anak-anak dan dewasa dilarikan ke rumah sakit akibat kondisi tersebut. Pada kondisi polusi yang tinggi, rumah sakit menerima tambahan pasien lebih dari 120 kasus serangan jantung, 230 kasus stroke, dan hampir 200 kasus asma yang memerlukan penanganan darurat.

Kepala Layanan Kesehatan Inggris (NHS) Simon Stevens mengatakan, iklim yang buruk berpotensi memicu kesehatan yang buruk.

Baca juga: Polusi Udara Juga Sebabkan Kebotakan, Kok Bisa?

"Angka terbaru menunjukkan polusi udara menyebabkan ribuan korban stroke, gagal jantung, dan asma, jadi sangat jelas bahwa keadaan darurat iklim juga keadaan darurat kesehatan. Kita harus bertindak sekarang, bukan 2025 atau 2050," tegas Stevens.

Riset sebelumnya membuktikan, ada lonjakan kunjungan dan pelayanan rumah sakit karena polusi udara.

Hasil tersebut kemudian dilengkapi oleh studi terbaru yang memberi seberapa banyak jumlah pasien yang terdampak polusi udara dan mengalami serangan jantung, stroke, hingga penyakit pernapasan lain. 

Menurut laporan yang akan diterbitkan bulan depan, tim dari King's College London (KCL) membagi satu tahun menjadi dua kelompok.

Kelompok satu merupakan bulan-bulan dengan kualitas udara buruk, sementara kelompok dua berisi bulan-bulan dengan kualitas udara normal.

Mereka menemukan, ketika kualitas udara sangat buruk pihak rumah sakit mendapat tambahan 388 pasien dengan keluhan sakit pada pernapasan, serangan jantung, hingga stroke.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X