Serba-serbi Depresi, Penyakit yang Diderita Nunung

Kompas.com - 24/10/2019, 12:05 WIB
Komedian Nunung saat meninggalkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Komedian Nunung saat meninggalkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

KOMPAS.com – Anak sulung komedian Nunung, Bagus Permadi, baru-baru ini mengatakan ibunya sudah lama menderita depresi. Namun, penyakit tersebut kerap disembunyikan Nunung.

Baca juga: Lama Idap Depresi, Nunung Sembunyikan Penyakitnya dari Keluarga

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, dr Dharmawan Ardi Purnama, Sp.KJ mengatakan bahwa depresi merupakan sebuah penyakit yang harus diobati.

“Nunung berobat atau enggak? Karena depresi itu penyakit yang harus diobati. Bukan ke psikolog tapi ke dokter. Kalau dokter umum tidak bisa menangani, harus ke psikiater,” tutur dr Dharmawan kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Gejala Mayor dan Minor

dr Dharmawan mengatakan ada dua gejala dari depresi, yaitu mayor dan minor.

Gejala mayor mencakup hal-hal seperti kehilangan minat, mudah lelah, perasaan bosan, sedih, hampa, dan kosong.

Sementara gejala minor mencakup susah tidur, hilang nafsu makan, merasa kehilangan, pesimis dan kehilangan harapan, nyeri otot badan, dan sakit kepala.

“Bagaimana melihat tanda-tanda depresi? Jika dalam dua minggu, setiap hari, ada minimal 2 gejala mayor dan 1 gejala minor yang dirasakan,” tutur dr Dharmawan.

Baca juga: Apa Beda Stres dan Depresi? Ini Kata Ahli

Ia mencontohkan, jika kita merasa cepat lelah tanpa aktivitas fisik yang bermakna sekaligus kehilangan minat, tidak ada gairah, keinginan untuk melakukan hobi hilang.

“Jika terjadi setiap hari selama minimal dua minggu, itu berarti depresi,” tambahnya.

Komedian Nunung dibopong suami dan anaknya saat lemas dan hampir pingsan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).KOMPAS.COM/Dian Reinis Kumampung Komedian Nunung dibopong suami dan anaknya saat lemas dan hampir pingsan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Penyebab dan Tipe Depresi

“Depresi itu sakit mental. Pasti ada faktor pencetus, namun juga merupakan faktor genetik,” tutur dr Dharmawan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X