Serba Serbi Hewan: Blob, Organisme Misterius yang Punya 720 Kelamin

Kompas.com - 20/10/2019, 20:29 WIB
Blob (Physarum Polycephalum), merupakan organisme bersel tunggal misterius. Bentuknya mirip jamur tapi berperilaku seperti binatang. Foto ini diambil pada 16 Oktober 2019 di Parc Zoologique de Paris (taman zoologi Paris). STEPHANE DE SAKUTINBlob (Physarum Polycephalum), merupakan organisme bersel tunggal misterius. Bentuknya mirip jamur tapi berperilaku seperti binatang. Foto ini diambil pada 16 Oktober 2019 di Parc Zoologique de Paris (taman zoologi Paris).

KOMPAS.com - Kebun binatang Paris memiliki makhluk hidup menarik yang sangat misterius bernama Blob (Physarum Polycephalum). 

Makhluk initidak memiliki otak, tak memiliki mata, bersel tunggal tanpa perut, tapi punya lebih dari 700 kelamin.

Menurut pengelola kebun binatang, bentuk Blob menyerupai jamur berwarna kuning. Namun jika diperhatikan dengan seksama, perilaku Blob sebenarnya lebih mirip binatang.

Blob diketahui dapat mendeteksi makanan dan mencernanya, juga dapat bergerak tanpa kaki atau sayap.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: 5 Binatang yang Bisa Menahan Napas Paling Lama

Namun jangan bayangkan Blob akan bergerak cepat ketika mendeteksi makanan seperti spora jamur, bakteri, atau mikroba lain. Blob hanya mampu bergerak sejauh satu sentimeter setiap jamnya.

Uniknya lagi, Blob dapat menyembuhkan diri sendiri dalam dua menit bila dibelah menjadi dua bagian.

"Blob merupakan salah satu ornganisme paling menakjubkan yang hidup di Bumi saat ini," kata presiden kebun binatang Paris, Bruno David, dilansir AFP, Kamis (17/10/2019),.

"Blob sudah tinggal di Bumi selama jutaan tahun, tapi kita belum benar-benar mengenal mereka. Kita tidak tahu apakah Blob tergolong binatang, jamur, atau justru perkawinan keduanya," ungkap David.

Blob, organisme misterius yang cerdas

Blob lama dianggap sebagai jamur. Namun pada 1990-an, Blob diklasifikasi ulang sebagai kelompok myxomycetes, subkategori keluarga amuba.

"Blob mampu mengingat, mampu menyesuaikan perilaku, mampu memecahkan masalah, bisa bergerak di sekitar labirin. Perilakunya ini sedikit mirip dengan binatang," ungkap David.

"Hal paling menakjubkan dari Blob adalah, meski tidak memiliki mulut, perut, dan mata, dia dapat mendeteksi keberadaan makanan dan menelannya. Jika dipotong-potong, Blob dapat sembuh dalam dua menit. Uniknya, Blob memiliki 720 alat kelamin," imbuh David.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Kenapa Tak Ada Hewan yang Punya 3 Kaki?

Nama Blob terinspirasi dari karakter dalam film horor fiksi-sains tahun 1958 yang dibintangi aktor Steve McQueen. Dalam film itu, bentuk kehidupan makhluk asing - The Blob - dikisahkan menabrak Bumi dan melahap penduduk Pennsylvania.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber AFP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X